Komjen Budi Gunawan Calon Kapolri

Iklan

Komjen Budi Gunawan Calon Kapolri

Redaksi
Minggu, Januari 11, 2015 | 18:33 WIB 0 Views Last Updated 2015-01-15T12:53:40Z
Suaralampung.com . Komjen Budi Gunawan dicalonkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri menggantikan Komjen Sutarman yang akan memasuki masa pensiunnya. Namun beberapa pihak mengkritisi keputusan Presiden tetsebut diantaranya adalah ICW.

Juru bicara PDIP Eva Sundari langsung protes saat media menyebut citra Komjen Budi Gunawan sebagai polisi berekening gendut. Eva meminta publik menghargai keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Kalemdikpol itu sebagai Kapolri.

"Jadi Kapolri itu dipilih presiden bukan di bawah ICW, kita harapkan masyarakat jangan memvonis," jelas Eva di Bakoel Koffie, Jakarta, Sabtu (11/9). Menurut Eva, predikat tersebut belum tentu benar. Menurutnya, Komjen Budi Gunawan dikenal sebagai orang yang dekat dengan siapa saja dan punya citra yang baik. "Kita kasih waktu membuat terobosan, kita pantau karena pemilihan sudah sesuai, kita kasih kesempatan karena insting Jokowi itu oke," sambung dia.
Komjen Budi Gunawan Calon Tunggal Kapolri pilihan Presiden.
Seperti diketahui, ICW menolak keras Komjen Budi menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara karena terindikasi memiliki rekening gendut. Budi masuk dalam daftar jenderal polisi yang memiliki rekening gendut. Dari hasil temuan PPATK tanggal 19 Agustus 2008, jumlah harta kekayaan Budi sebanyak Rp 4,6 miliar. Budi juga tercatat bersama anaknya pernah membuka rekening dan menyetor uang Rp 29 miliar dan Rp 25 miliar.

Komjen Budi Gunawan mengklaim kasus rekening gendut telah selesai. Pihak Bareskrim telah menindaklanjuti laporan hasil analisis dari Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK) pada 2010.

"Masalah itu perlu saya luruskan bahwa terkait LHA (Laporan Hasil Analisis) dari PPATK sudah ditindaklanjuti oleh Bareskrim pada tahun 2010 dan hasilnya sudah dikirim ke PPATK. Jadi masalah itu telah selesai. Artinya wajar dan dapat dipertanggungjawabkan," klaim Budi di gedung KPK, Jakarta, Jumat (26/7). (Dilansir dari MetrotvNews).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komjen Budi Gunawan Calon Kapolri

Trending Now

Iklan

iklan