Resep Lezat Empek Empek Palembang, Kuliner Warisan Budaya Sejak Abad Ke 16.

Iklan

Resep Lezat Empek Empek Palembang, Kuliner Warisan Budaya Sejak Abad Ke 16.

Redaksi
Senin, Maret 21, 2016 | 19:16 WIB 0 Views Last Updated 2016-03-23T10:08:45Z
Suaralampung.com. Para pembaca yang sangat menggemari kuliner nusantara, mungkin sudah kenal tentang menu yang satu ini,  Bicara tentang Palembang, maka kurang lengkap rasanya bila belum membicarakan tentang kuliner nya. Empek-empek Palembang tentunya.

Apakah Empek-empek itu? Mari Kita bahas..oke
Empek-empek adalah salah satu makanan tradisional, asli. Dari Palembang yang terbuat dari sagu dan ikan, serta di sajikan dengan saus hitam pedas manis asam dalam bahasa Palembang biasa disebut Cuko. 

Menurut sejarahnya Empek-empek telah ada Di Palembang sejak abad ke 16. Nama Empek- empek diyakini berasal dari sebutan "Apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina. Karena pada saat itu ramai masuknya perantau Cina ke Palembang.

Empek-empek di yakini juga merupakan adaptasi makanan dari Cina yaitu baso ikan, kekian atau ngohyang.
Pembuatan pempek asli palembang yang terpenting adalah bahan yang berkualitas
Pada awalanya Empek-empek terbuat dari. Bahan ikan balida, dikarenakan semakin langkanya ikan tersebut maka diganti dengan ikan gabus yang mudah di dapatkan oleh masyarakat di sana.
Seiring dengan perkembangan, masyarakat Di Palembang kini mulai menggunakan berbagai jenis ikan sungai seperti ikan putak, toman dan bujuk. Selain itu juga bisa memakai berbagai jenis ikan laut seperti ikan tenggiri, ikan kakap dan ikan lainnya.

Jenis Empek-empek sendiri  sangat banyak dan bervariasi, diantaranya adalah beberapa yang kita kenal. Empek-empek kapal selam, lenjer, bulat, kulit ikan, pistel, telur kecil dan  keriting.
Salah satu yang terkenal adalah Empek - empek kapal selam, yaitu telur ayam yang dibungkus adonan Empek- empek dan di goreng dalam minyak panas. Jenis lainnya pun patut untuk di coba, karena setiap jenis Empek - empek memiliki cita rasa yang khas.
Paket pempek asli Palembang
Keunikan dalam kuliner satu ini adalah cita rasanya yang khas, dengan tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih memaksa anda ingin terus menikmatinya. Selain itu saus cuko yang khas menambah cita rasa yang lezat bila di padukan dengan Empek - empek tersebut.

Kini Empek-empek bukan saja bisa kita temukan di seluruh penjuru daerah Palembang saja.  Melainkan Kita bisa menemukannya di warung pinggir jalan, rumah makan bahkan di pasar.

Kabar baiknya makanan satu ini sekarang telah ada di kota kita Lampung Tercita ini, jika anda ingin memesan nya bisa memesan ke Ibu Lely yang beralamat Di Jl.Ra. Basyd Perum Surya Radar Lestari di Blok A No 1 Atau Tlp.0821-8528-7404.

Ibu Lely juga menerima pesanan untuk pesta pernikahan, ulang tahun dan lain-lain, untuk Kota Bandar lampung Free ongkos kirim. (Yus Anwar).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Resep Lezat Empek Empek Palembang, Kuliner Warisan Budaya Sejak Abad Ke 16.

Trending Now

Iklan

iklan