Tanggap Bencana Pemkab Tulang Bawang Cadangkan 100 Ton Beras Pertahun

Iklan

Tanggap Bencana Pemkab Tulang Bawang Cadangkan 100 Ton Beras Pertahun

Redaksi
Selasa, November 22, 2016 | 21:29 WIB 0 Views Last Updated 2016-11-22T14:30:00Z

Suaralampung.com -  Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, provinsi Lampung melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) daerah tersebut, memiliki stok beras cadangan milik Pemkab sebanyak 100 ton per tahun, guna menangani bencana.

Hal tersebut, berdasarkan peraturan Menteri Sosial nomor 20 tahun 2012, tentang prosedur dan mekanisme penyaluran cadangan beras pemerintah, untuk penanganan tanggap darurat bencana. Selasa (22/11)

Sekretaris Disosnakertrans Tulang Bawang A Syamsuri mengatakan, sejumlah wilayah di kabupaten Tulangbawang, rawan bencana banjir, angin puting beliung, dan kebakaran."Pemerintah kita mengangarkan dana dalam bentuk beras untuk disalurkan ke warga yang terkena bencana, seperti tanah longsor, banjir, kebakaran, dan huru hara yang menyebabkan warga tidak dapat melakukan aktifitas bekerja". Terangnya Syamsuri

Dilanjutkan Syamsuri, pihak Disosnakertrans hanya sebagai penopang aspek sosial seperti kekurangan bahan yang harus diatasi oleh Badan penangulangan Bencana Daerah (BPBD)."Karena semua kebutuhan bencana alam berada di BPBD, ini juga harus ada mekanisme dalam memberikan bantuan setelah tanggap darurat bencana telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah". Terangnya

Waktu tanggap darurat yang ditetapkan oleh pemerintah daerah selama 14 hari, tambah Dia, untuk memberikan beras kepada setiap orang sebayak 400 gram, atau diberikan setelah dimasak terlebih dahulu."Kalaupun, masa yang ditetapkan telah habis, tapi kalau bencana masih ada maka masanya akan ditambah 14 hari lagi kedepan, sampai bencana yang dialami berakhir". Tutupnya (Joni)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tanggap Bencana Pemkab Tulang Bawang Cadangkan 100 Ton Beras Pertahun

Trending Now

Iklan

iklan