Arist Merdeka Sirait Kita Selamatkan Anak Dari Bahaya Narkoba

Iklan

Arist Merdeka Sirait Kita Selamatkan Anak Dari Bahaya Narkoba

Redaksi
Jumat, September 29, 2017 | 09:15 WIB 0 Views Last Updated 2017-09-29T02:15:36Z

Suaralampung.Com, Melibatkan anak baik sebagai kurir dan konsumen narkoba yang dikemas dalam berbagai bentuk sudah lama menjadi perhatian Komnas Perlindungan Anak.  Tidak sedikit anak- anak usia TK dan SD dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini oleh orangtua dan para cukong narkoba dimanfaatkan dan dieksploitasi untuk peredaran narkoba. Oleh sebab itu, berdasarkan pengalaman empirik Komnas Anak dalam penanganan anak berhadapan dengan hukum untuk kasus'kasus narkoba dan zat adiktif lainnya.

Data dan temuan yang disampaikan BNN  bahwa bandar narkoba saat ini melakukan regenerasi kepada anak usia TK dan SD sebagai pecandu, sehingga perlu mendapat perhatian semua pihak, khusus orangtua, guru, masyarakat dan para pemangku kepentingan perlindungan anak. 

Apa yang selama ini dikawatirkan oleh Komnas Perlindungan menjadi kenyataan setelah BNN melansir temuannya bahwa anak-anak usia TK dan SD telah menjadi sasaran regenerasi pecandu narkoba selama menangani kasus peredaran narkoba. Data yang disampaikan BNN telah meneguhkan Komitmen Komisioner Komnas Anak untuk melakukan penguatan kepada anak dan keluarga melalui program pencegahan dan deteksi dini terhadap derasnya praktek eksploitasi anak baik di ruang kelas, rumah maupun tuangbpublik. 

Untuk fakta dan data yang cukup menakutkan ini dan dalam rangka memutus mata rantai darurat Narkoba dikalangan anak-anak, Komnas Perlindungan anak mendesak segera BNN untuk melibatkan partisipasi  masyarakat membangun gerakan perlindungan anak sekampung untuk melawan Narkoba.

Komnas Anak meyakini,  perang terhadap Narkoba harus dimulai dari masing-masing keluarga, desa dan kampung, dengan demikian tiap-tiap desa dan kampung saling menjaga anak dari ancaman narkoba. 

Narkoba harus menjadi musuh bersama masyarajat dan bukan musuh polisi dann BNN saja. Anak2 harus diselamatkan segeta dari bahaya barkoba yang telah menggurita. Program dan aktivitas untuk menangkal narkoba masuk ruang kelas harus melibatkan partisipasi anak. Demikian disampaikan Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak menanggapi temuan BNN regenerasi pencandu Narkoba. (Rls/Yoes anwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Arist Merdeka Sirait Kita Selamatkan Anak Dari Bahaya Narkoba

Trending Now

Iklan

iklan