Berikut Pesan Pemerintah Terkait Kampanye Pilkada Damai di Tanggamus

Iklan

Berikut Pesan Pemerintah Terkait Kampanye Pilkada Damai di Tanggamus

Redaksi
Minggu, Februari 18, 2018 | 17:46 WIB 0 Views Last Updated 2018-02-18T10:47:00Z

Suaralampung.com-Tanggamus-AKBP Alfis Suhaili menyampaikan bahwa Polres Tanggamus sebagai penanggung jawab keamanan di Kabupaten Tanggamus, sebuah prestasi untuk masyarakat Kabupaten Tanggamus karena sampai saat ini wilayah hukum Polres Tanggamus dalam keadaan aman.

"Ini adalah sebuah prestasi kita semua, situasi yang kondusif sampai hari ini," kata Kapolres disambut aplus masyarakat yang hadir dalam Deklarasi Kampaye Pilkada Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Tahun 2018 yang digelar di Rest Area Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Minggu (18/2/18).

Menurut Kapolres jajaran kepolisian Polres Tanggamus hanya sebagai katalisator, sebagai institusi yang dikedepankan untuk membawa warga selalu dalam jalur aman. 

"Aman itu harus kita ciptakan dan sampai saat ini situasi aman ini adalah prestasi buah karya dari kita semua. Oleh karena itu jangan kita nodai situasi aman ini,"jelas Kapolres.

Kapolres mengajak masyarakat bersama-sama menjaga situasi yang aman sampai terakhir selesai tahapan Pilkada, sehingga masyarakat mendapatkan calon pemimpin terpilih yang terbaik untuk Kabupaten Tanggamus.

"Pada hari ini momen penting tentunya kita harapkan bukan hanya sekedar seremonial kita melakukan pendatanganan ini kita sama-sama ingin seluruh tahapan Pilkada dengan Damai dan setelah keluar dari sini betul-betul terpatri dari hati kita untuk selalu menjaganya,"harapnya.

Seperti penyampaian PLH Bupati, Komisioner KPU dan Panwaslu agar menghindari hal-hal yang dapat mengganggu Pilkada, Kapolres mengajak masyarakat dalam kebersamaan menjaga keamanan. 

"yang ingin kita capai adalah situasi aman kalau sudah aman apapun yang sudah kita kerjakan. Mari kita jaga kebersamaan ini, walaupun berbeda dalam pilihan tetapi tetapi tetap satu tujuan,"tegas Kapolres.

Sambungnya, Polres Tanggamus didukung TNI Kodim 0424 Tanggamus niat tulus tidak ada kepentingan lain, hanya ingin turut mengantarkan pesta demokrasi dengan mendapatkan pimpinan yang terbaik untuk Kabupaten Tanggamus ini.

"Oleh karena itu kami mengajak semua baik kepada semua Tim Sukses Pasangan calon dan semua seluruh lapisan masyarakat Mari sama-sama kita jaga situasi dan kondisi kondusif,"harapnya lagi.

Kapolres berpesan kepada kepada seluruh anggota Polri Polres Tanggamus sesuai telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 28 Ayat (1) diatur secara jelas bahwa Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak boleh melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

"dalam undang-undang Polri. Mari kita jaga netralitas, agar tidak menodai nilai-nilai demokrasi,"tegasnya.

Sambutan Plh. Bupati Tanggamus terdapat 3 poin agar pemilu berjalan lancar yaitu penyelenggara pemilihan, 

peran serta masyarakat dan peserta kampanye, baik calon, tim Kampanye dan tim Pemenangan.

"Semoga Deklarasi Kampanye damai ini menjadi aspirasi Masyarakat untuk sama sama menjaga Kabupaten Tanggamus," ujarnya.

PLH. Bupati Tanggamus juga mengingatkan kepada seluruh ASN untuk menjaga Netralitas dan tidak memihak kepada salah satu calon.

Orasi demokrasi oleh Panwaslu, Panwas berharap untuk Kampanye tertib aman dan kondusif, tidak ada politik Sara dan Money Politik yang dapat memecah warga Tanggamus. "Mari bersama-sama menjaga jalannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 berjalan baik dan aman,"

Senada dengan Kapolres, Dandim 0424 Tanggamus berharap kepada kedua Paslon, Tim sukses dan Ketua Partai Politik untuk dapat bersama - sama membulatkan sebuah tekad untuk pelaksanakan pemilu Kabupaten Tanggamus Tahun 2018 dengan damai dan Kondusif. 

"Dimana TNI dan Polri akan menjaga netralitas serta memberikan bantuan kepada Polri terhadap Pilkada Tanggamus yang akan dilaksanakan. Deklarasi damai serta penandatanganan ini bukan hanya sebagai simbolis, melainkan keputusan yang harus dipedomani seluruh pihak. Diharapakan kepada kedua pasangan calon siapapun pemenangnya untuk dapat memajukan Kabupaten Tanggamus,"ucap Dandim.

Komisioner KPU Antonius mengajak kita bersama - sama untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dengan menjaga suasana yang aman agar rangkaian Pilkada Tanggamus tahun 2018 ini dapat berjalan dengan baik.

"Mari menghindari gerakan-gerakan organisasi yang terorganisir seperti kampanye hitam, money politik serta menghindari kampanye yang berbau Fitnah, Sara maupun yang berisikan ujaran kebencian".

 Berikut Isi Deklarasi Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Tahun 2018

Tanggamus - Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus ditandatangani pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Pilkada 2018 yang digelar di Rest Area Kecamatan Gisting, Minggu (18/2/18).

Adapun isi deklarasi.
Kami Calon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Tahun 2018 beserta Tim Kampanye dan Para Pendukung, dengan semangat Persatuan, Kesatuan, dan Persaudaraan berjanji kepada masyarakat Kabupaten Tanggamus dan menyatakan : 

1. Siap menciptakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Tahun 2018 yang Demokratis, Damai dan Berintegritas; 

2. Mewujudkan kemajuan daerah dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945; 

3. Mematuhi jadwal, tempat dan waktu serta prosedur kampanye dan tidak melakukan kampanye hitam dengan menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian baik antar pasangan calon, antar tim kampanye serta antar pendukung; 

4. Tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menghindari politik uang, ataupun pemberian imbalan lainnya; 

5. Siap terpilih dan tidak terpilih;

Demikian tekad ini dibuat dengan sesungguhnya dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab. sifatnya dapat mempengaruhi pemilih serta melakukan intimidasi terhadap calon pemilih; Tanggamus, 18 Februari 2018 ditandatangani oleh : 

1. Paslon nomor urut 1. Dewi Handayani dan AM. Syafii. Paslon nomor urut 2 Samsul Hadi dan Nuzul Irsan.

2. Tim Kampanye Paslon
Paslon nomor urut 1. Afian AR
Paslon nomor urut 2. Jukman Effendi 

Deklarasi Damai juga tandatangani oleh yang mengetahui yaitu Panwaslu Tanggamus Dedi Fernando, Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si. Kajari Tanggamus, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo S. Ip, Han. Plh Bupati Hi. Andi Wijaya, ST, MM Ketua DPRD. Ketua KPU Tanggamus dan Tokoh Masyarakat Joimin S. (Sahril Fauzi/Saripudin/Azhimi)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berikut Pesan Pemerintah Terkait Kampanye Pilkada Damai di Tanggamus

Trending Now

Iklan

iklan