Dihadiri Gubernur Lampung, Ratusan Warga Sekitar Stasiun Tegineneng Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

Iklan

Dihadiri Gubernur Lampung, Ratusan Warga Sekitar Stasiun Tegineneng Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

Redaksi
Kamis, Oktober 31, 2019 | 18:48 WIB 0 Views Last Updated 2019-10-31T11:48:47Z

Suaralampung.com, Bandarlampung-



Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi didampingi Kadivre IV dalam rangkaian turut hadir dalam kegiatan pengobatan gratis menggunakan Rail Clinic yang diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional IV Tanjungkarang.
Kali ini pengobatan gratis tersebut diberikan untuk warga sekitar bantaran rel kereta api. Kali ini Kereta kesehatan tersebut singgah di Stasiun Tegineneng, Banjarnegeri, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (31/10/2019).

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang didampingi Kadivre IV dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kotabumi dengan naik kereta inspeksi "rail one". Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sulthon Jasanudin mengatakan, bakti sosial pengobatan gratis dengan menggunakan rangkaian "rail clinic" telah dilaksanakan sebanyak 14 kali sepanjang 2019.

"Ini merupakan salah satu bentuk kegiatan PT. KAI dibidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel," kata Sulthon. Ia menambahkan, salah satu tujuan adanya bakti sosial, selain untuk menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan, juga agar dapat menjangkau fasilitas kesehatan berbasis jalan rel.

Selain itu juga untuk mempererat silaturahmi dan menyosialisasikan bahaya bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitar rel.
Peran serta Kereta Api dalam menjaga infrastruktur tidak lepas dari masyarakat. Kita tumbuh atas dukungan masyarakat, sehingga diharapakan saling bersinergi dalam menjaga lingkungan. Seperti menjaga rambu-rambu, kabel dan perangkat pendukung geraknya kereta api.

Sementara itu, Manager Humas PT.Kereta Api Divre IV Tanjung Karang, Sapto Hartoyo, menyampaikan, selain layanan rail clinic di antaranya pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian, juga dilakukan sosialisasi pendayaguaan aset PT KAI serta sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api.

Undangan diberikan sebanyak 250 orang yang pembagiannya kita serahkan kepada pemerintah desa setempat, tetapi bagi masyarakat yang tidak menerima undanganpun akan tetap dilayani. Pada kesempatan ini juga dilakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut serta pembagian kaca mata gratis kepada 30 anak SD di dekat Stasiun dan pembagian tas serta merchandise. 

"Selain itu juga dilakukan sosialisasi pendayagunaan aset PT KAI serta sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api" ujar Sapto. Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang hadir dalam pelaksanaan bakti sosial tersebut menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan kesehatan di area pendaftaran rail clinic.

Adapun poli kesehatan yang ada di rail clinic diantaranya pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium dan pelayanan kefarmasian. 
Kemudian, Gubernur Arinal langsung meninjau poli kesehatan yang ada di rail clinic, diantaranya poli umum dan poli gigi. Gubernur Arinal berharap bahwa rail clinic ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar penggiran rel. (Tik/Rls)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dihadiri Gubernur Lampung, Ratusan Warga Sekitar Stasiun Tegineneng Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

Trending Now

Iklan

iklan