Bupati Raden Adipati Surya Hadiri Pengajian Akbar dan Istighozah Di Kampung Lembasung Belambangan Umpu

Bupati Raden Adipati Surya Hadiri Pengajian Akbar dan Istighozah Di Kampung Lembasung Belambangan Umpu

Bupati Raden Adipati Surya Hadiri Pengajian Akbar dan Istighozah Di Kampung Lembasung Belambangan Umpu


Suaralampung.Com.
Way Kanan - Bupati Raden Adipati Surya Hadiri Pengajian Akbar dan Istighozah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Kampung Lembasung. Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan. Pada Senin (18/11/19).
 
Dalam sambutanya Bupati Raden Adipati Surya mengatakan, Peringatan Maulid Nabi adalah moment penting dalam sejarah peradaban manusia sepanjang masa, baik pada era tradisional maupun pada era modern seperti saat ini, pada peringatan Maulid ini, kita dapat mengambil banyak pelajaran, khususnya dari sejarah hidup Rasulullah dan peradaban dunia lebih dari 14 abad yang lalu. 

"Kepribadian Rasulullah SAW bukan hanya sebagai sosok tauladan yang menakjubkan, tapi juga menjadi sumber inspirasi sepanjang sejarah peradaban umat manusia sampai akhir zaman kelak. Pada peringatan maulid ini kita juga diingatkan tentang perjuangan Rasulullah SAW, bagaimana beliau meyakinkan masyarakat Arab Jahiliyah akan pentingnya agama Islam yang kita yakini sebagai agama satu-satunya yang diridhoi oleh Allah SWT," Kata Bupati.

Ditambahkannya, Bahwa Perjuangan Rasulullah dalam menegakkan Syari'at Islam di tengah masyarakat Arab Jahiliyah ketika itu seharusnya menjadi inspirasi buat kita semua, terutama dalam menegakkan Syari'at Islam secara Kaffah. Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain bagi kita semua selain mengambil peran kita masing-masing, walau sekecil apapun peran yang kita jalankan, agar Syari'at Islam dapat tegak di Bumi Ramik Ragom ini dan menjadi nafas dalam kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Lebih lanjut diungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan juga senantiasa memperhatikan pembangunan pada sektor keagamaan sebagai upaya pembentukan akhlakul karimah atau akhlak mulia." Saya sangat yakin bahwa sebuah kemajuan jika tidak diimbangi oleh upaya  pembentukan  karakter  manusia yang dilandasi oleh nilai moral dan keagamaan, maka semua kemajuan tersebut tidak akan pernah mampu mencapai derajat  kemajuan yang hakiki,"Kata Dia.

Dilanjutkannya bahwa, Pemerintah Kabupaten Way Kanan memberikan insentif pada guru ngaji, melaksanakan MTQ baik itu tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Dari sisi pendidikan upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah. Selain itu juga mencanangkan gerakan "Way Kanan Mengaji" terutama untuk siswa sekolah menengah.  Kami juga memberikan perhatian serius dibidang kehidupan dan pendidikan keagamaan baik melalui mekanisme hibah maupun bantuan sosial. Kaum muslimin dan muslimat yang saya hormati.

" Pada kesempatan ini saya menyampaikan bahwa dalam mewujudkan visi dan misi Way Kanan Maju dan Bardaya Saing yang telah kita laksanakan selama ini,  memiliki arti penting bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Way Kanan. Baik itu pembangunan dibidang infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, UMKM dan sebagainya.  Atas keberhasilan kita dalam melaksanakan pembangunan pada tahun 2018 lebih dari 23 penghargaan yang kita raih. Pada tahun 2019 ini kembali beberapa program unggulan yang kita laksanakan yang juga meraih sejumlah penghargaan, diantaranya:

1. Bandara Gatot Subroto yang telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 06 April 2019 yang lalu.

2. Pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan telah diapresiasi dengan penghargaan Adipura Katagori Kota Kecil yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 14 Januari 2019.

3. Berhasil menjadi daerah yang telah 100 persen stop buang air besar (BAB) sembarangan, yang di ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Way Kanan sekaligius menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesiafra pada 22 Maret 2019.

4. Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu mulai menggeliat dan terus ditingkatkan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain Bank Indonesia.

5. Menerima WTP untuk ke-9 kalinya.

6. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama  yang diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Kota Makasar Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juli 2019 lalu.

7. Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan, diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan kepada Bupati Way Kanan, bertempat di auditorium Swabessy  gedung  Prof Sujudi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, tanggal 2 Okteber 2019," Paparnya.

"Mari sama-sama kita simak Tausiyah yang akan disampaikan oleh penceramah kita nanti, semoga meningkatkan keimanan dan menjadi semangat kita dalam melaksanakan ibadah serta menambah pemahaman dan pengamalan ajaran Islam," ungkap Bupati.

"Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya dan Bapak DR. Drs. H. Edward Antony, MM selaku Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan mohon Do'a dari Bapak-bapak, ibu-ibu hadirin sekalian,  supaya kami diberi kesehatan dan panjang umur sehingga kami dapat memimpin Pemerintahan dan melaksanakan pembangunan yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan," Ujar orang nomor satu di Way Kanan tersebut.

Wartawan : Tayib/Rijal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Raden Adipati Surya Hadiri Pengajian Akbar dan Istighozah Di Kampung Lembasung Belambangan Umpu"

Posting Komentar