Matangkan Persiapan Sensus Penduduk 2020. BPS Tanggamus Lakukan Kordinasi

Iklan

Matangkan Persiapan Sensus Penduduk 2020. BPS Tanggamus Lakukan Kordinasi

Redaksi
Minggu, Februari 23, 2020 | 10:21 WIB 0 Views Last Updated 2020-02-23T03:22:11Z

Suaralampung.Com.
KOTAAGUNG -- Sensus Penduduk tahun 2020 terus dimatangkan. Salah satu upaya yang dilakukan guna mensukseskan program Nasional tersebut Pemkab Tanggamus melalui Badan Pusat Statistik (BPS) lakukan koordinasi dan konsolidasi, Jumat (21/2) di Lapangan Pemkab setempat.

Sugaryadi, Kepala BPS Tanggamus menyampaikan sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51Th. 1999 tentang penyelenggaraan Statistik, serta rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020. Dalam  pelaksanaan SP2020, Badan Pusat Statistik (BPS) hal ini menurutnya melakukan inovasi dan pembaruan metode dibandingkan enam sensus penduduk sebelumnya.

"SP2020 akan menggunakan metode kombinasi, yaitu memanfaatkan data adminduk, dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap
dan memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan gadget. Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir,"kata Sugaryadi

Diterangkannya, Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode, periode pertama adalah Sensus Penduduk Online, yaitu seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukannya secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id pada 15 Februari s.d. 31 Maret 2020.

"Kami harapkan Bapak/Ibu sekalian dapat berperan dalam mengikuti sensus Penduduk Online serta dapat membantu menyebarkan dan mengajak penduduk untuk aktif mengisi Sensus Penduduk, Periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 31 Juli 2020,"terangnya.

Ia menambahkan Program Nasional 10 tahunan tersebut sangat penting, yang mana hasilnya akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah. Dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan yang ditamatkan.

"Dengan begitu maka pemerintah baik Pusat maupun Daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah, data ini juga dapat digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan dalam menentukan kebijakan serta keputusan yang lebih tepat sasaran untuk diimplementasi kepada masyarakat, misal apabila wilayah tersebut perlu membangun atau menambah fasilitas publik, baik itu sekolah, rumah sakit), infrastruktur, dan lain-lain,Katanya,"paparnya.

Sementara itu Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani melalui Asisten Bidang Administrasi Jonsen Vannesa, mengatakan agar kiranya dapat mengikuti sensus ini dengan sungguh-sungguh, untuk lebih jelasnya masyarakat dapat mengakses   link disensus.bps.go.id. Dan jikap masih ada yang perlu ditanyakan maka bisa menghubungi call center BPS

"Seperti hari ini sudah disiapkan coaching Clinic oleh BPS, coaching Clinic ini penting tidak hanya untuk yang bersangkutan tapi juga pejabat yang bersangkutan bisa ikut mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat atau minimal keluarga,"ajak Jhonsen.

Ia juga mengajak, kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk ini, yang mana salah satu fungsi ASN menurutnya ialah  melaksanakan kebijakan pemerintah salah satunya ialah mensukseskan sensus penduduk. "Dan atas nama pimpinan kami sangat mendukung BPS dan kami siap mengawal, kami punya kepala pekon dan kami punya perangkat-perangkat yang lain kami siap mendukung, program ini,"tandasnya. 

Hadir dalam Kegiatan Tersebut Kepala BPS Tanggamus Sugaryadi,SE.MM.,Staf Ahli Bupati,Asisten, para OPD terkait, serta jajaran ASN dilingkup Pemkab Tanggamus. 

(Saripudin/Kurdianto/Apriadi/AZ)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Matangkan Persiapan Sensus Penduduk 2020. BPS Tanggamus Lakukan Kordinasi

Trending Now

Iklan

iklan