Perayaan Hari Raya Galungan Berjalan Aman dan Lancar di Bali Agung

Perayaan Hari Raya Galungan Berjalan Aman dan Lancar di Bali Agung

PALAS, suaralampung.com Babinsa Sertu Yana Mulyana anggota Koramil 421/08  bersama Babinkamtibmas Bipka Toni anggota Polsek Palas, mengawal dan mengamankan umat Hindu Bali pada perayaan hari raya Galungan di pura prapatan desa Bali Agung kecamatan Palas, Lampung Selatan (Lamsel), Kamis (20/02/2020).

Kegiatan perayaan hari raya Galungan umat Hindu Bali di pura prapatan desa Bali Agung diikuti sekira 300 orang yang dipimpin oleh seorang tokoh adat Mangku Ketut Narte.

Menurut Mangku Ketut Narte, perayaan hari raya Galungan jatuh setiap 210 hari sekali yaitu pada rabu kliwon waktu dungulan. 

"Galungan bagi umat Hindu Bali dimaknai sebagai hari kemenangan kebaikan melawan kejahatan atau hari Galungan kemenangan dharma melawan adharma," katanya.

Mangku ketut narte juga mengatakan perayaan hari raya Galungan umat Hindu Bali agar umat hindu selalu menegakkan dharma dalam kehidupan sehari - hari.

"Untuk melakukan hal baik serta saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang baik, seperti yang diajarkan dalam kitab Tri Hita Karana yaitu hubungan antara manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam, kami juga atas nama warga masyarakat umat Hindu Bali desa Bali Agung mengucapkan ucapan terimakasih kepada Bapak Babinsa dari TNI dan Bapak Babinkamtibmas dari Polri atas pengamanannya dalam acara perayaan hari raya Galungan selesai dengan aman dan lancar," ujarnya.

Babinsa Sertu Yana Mulyana dalam kesempat itu juga mengatakan sudah menjadi tugas kami selaku TNI - Polri.

"Terlebih seorang Babinsa dan Babinkamtibmas untuk selalu berada ditengah - tengah masyarakatnya, agar hubungan silaturahmi tetap terjaga secara baik demi kuatnya Kemanunggalan TNI -Rakyat," pungkasnya. (yg)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perayaan Hari Raya Galungan Berjalan Aman dan Lancar di Bali Agung"

Posting Komentar