Dekranasda Tanggamus Ikuti Lampung Craft 2020

Iklan

Dekranasda Tanggamus Ikuti Lampung Craft 2020

Redaksi
Minggu, Maret 15, 2020 | 21:47 WIB 0 Views Last Updated 2020-03-15T14:47:21Z

Suaralampung.Com 
Bandar Lampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanggamus ikut serta dalam gelaran Lampung Craft 2020, yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Lampung di Graha Wangsa, Teluk Betung, Sabtu (14/03/20).

Lampung Craft 2020 tersebut diikuti oleh diikuti oleh Dekranasda 15 Kabupaten/Kota se-Lampung, serta pengrajin dari mitra binaan BUMN dan swasta di Provinsi Lampung.

Acara yang dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini, dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Lampung, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ny. Riana Sari Arinal, para Bupati dan Walikota se Provinsi Lampung, Pimpinan BUMN dan Swasta di Provinsi Lampung serta para Kepala OPD Pemprov dan Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal dalam laporannya mengatakan, Lampung Craft 2020 diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 14-15 Maret 2020 mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Dengan mengangkat tema kain Celugam dari Lampung Barat sebagai ikonnya.

Event Lampung Craft ini, lanjut Riana, menjadi salah satu wahana terbesar untuk pertemuan bagi seluruh pengrajin yang ada di Lampung. Selain itu, gelaran Lampung Craft 2020 dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung yang ke 54 tahun, yang jatuh pada 18 Maret dan HUT Dekranasda Lampung yang ke 40.

"Pameran yang pertama kalinya digelar ini, akan menjadi ajang promosi produk kreatif dan inovatif dari pengrajin di Lampung."

"Tahun ini ikonnya adalah Kabupaten Lampung Barat, dengan kekayaan dan keragaman khasanah budaya Lampung yang mewarnai Lampung Craft," terang Riana.

Beliau menambahkan tujuan diselenggarakannya Lampung Craft 2020, adalah untuk mempromosikan produk-produk pengrajin Lampung, memotivasi pengrajin Lampung, membuka peluang bagi pengrajin untuk dapat melakukan transaksi dagang secara langsung, serta mendorong masyarakat agar bangga menggunakan produk kerajinan asli Lampung. 

Adapun beberapa kegiatan yang akan turut memeriahkan Lampung Craft 2020 yakni, pameran kerajinan, demo kerajinan, talkshow, fasion show, dan lomba kerajinan terbaik.

"Tahun ini kita mengangkat tema Lampung Barat dan Lampung Craft ini akan diselenggarakan setiap tahun. Untuk tahun depan yang akan menjadi tuan rumahnya, adalah Kabupaten Tanggamus," tandas Riana.

Sementara Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dalam sambutannya berharap agar Lampung Craft dapat menopang kemajuan bidang ekonomi kreatif dan mengembangkan warisan budaya Lampung.

Selain itu dapat mengedukasi masyarakat, dimana sebagian besar pelaku industri merupakan industri skala kecil. 

"Pengembangan SDM bagi pelaku usaha juga perlu dilakukan karena SDM merupakan faktor penting dalam pengembangan usaha. Pengembangan SDM tersebut dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis, serta pendampingan yang nantinya akan bermitra dengan BUMN dan swasta sebagai CSR-nya," kata Arinal.

Terpisah Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani didampingi Ketua Dekranasda Nur'aini Hamid Lubis dan Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati, menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi pengrajin yang ada di Kabupaten Tanggamus. 

Beliau menyatakan keyakinannya bahwa produk kerajinan Tanggamus akan menarik minat pengunjung dan mendapatkan hasil penjualan yang baik, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan pengrajin dan memajukan industri kerajinan di Kabupaten Tanggamus.

"Pemkab Tanggamus juga, tentunya akan selalu mendukung tumbuh dan berkembangnya kerajinan di Kabupaten Tanggamus," pungkas Bupati yang juga pembina Dekranasda Kabupaten Tanggamus ini.

Dalam ajang ini, Stan Dekranasda Kabupaten Tanggamus menampilkan beragam produk kerajinan, seperti ; kain tapis, aneka motif belah ketupat, kain tenun dan batik khas Tanggamus, beragam kopiah khas Lampung,  juga ada tas kayu yang dibuat dari limbah kayu. (Saripudin/Kurdianto/Apriadi).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dekranasda Tanggamus Ikuti Lampung Craft 2020

Trending Now

Iklan

iklan