Dokter Lapas Kalianda Sigap Cegah Virus Corona

Iklan

Dokter Lapas Kalianda Sigap Cegah Virus Corona

Redaksi
Sabtu, Maret 07, 2020 | 13:31 WIB 0 Views Last Updated 2020-03-07T06:39:48Z

KALIANDA, suaralampung.com Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian penyakit menular di Lapas Kalianda, Sabtu (07/03/2020).  Sosialisasi tersebut lebih menekankan kepada upaya mencegah penyakit Flu Corona (COVID-19) di Lapas Kalianda.

Dokter yang bertugas di Klinik Lapas Kalianda Dr. Agitha Melita Putri mengatakan bahwa upaya serius pencegahan dan pengendalian penyakit menular harus dilakukan pihak Lapas Kalianda, supaya para pegawai Lapas Kalianda dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kalianda terbebas dari penyakit menular berbahaya, terutama penyakit Flu Corona.

"Situasi perkembangan COVID-19 membuat kita wajib waspada, terutama tentang penularannya.  Sehingga perlu dilakukan sebuah tindakan pencegahan," ucap Agitha.

Oleh karena itu, menurut Dokter yang berparas cantik ini, mengungkapkan bahwa hari ini pihaknya melakukan upaya promotif dan preventif kepada pegawai dan pengunjung, demi mencegah penularan virus menular di Lapas Kalianda.

"Hari ini kita lakukan sosialisasi tentang pencegahan dan pengendalian penyakit menular kepada pengunjung.  Bukan hanya itu, di lokasi (sosialisasi), kepada pengunjung, langsung kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian cairan antiseptik," ungkap Dokter.

Dalam pemeriksaan tubuh tersebut, dirinya tak menemui kendala dan gejala penyakit Flu Corona dan penyakit menular lainnya. 

Dirinya menyarankan agar siapapun, baik pegawai, para pengunjung, dan para WBP Lapas Kalianda menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Diantaranya dengan membiasakan diri mencuci tangan, menjaga etika ketika batuk, dan memeriksakan kesehatan diri apabila menderita demam tinggi.

"Pemeriksaan tadi negatif.  Saran saya, kita semua harus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga etika batuk, dan segera periksakan ke klinik terdekat bila ditemukan demam tinggi. Mencegah lebih baik daripada mengobati," saran Dokter.

Senada dengan Agitha, dalam agenda terpisah, Kepala Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Kalianda, Dr. Tetra Destorie mengatakan bahwa mencegah itu lebih utama daripada mengobati.

"Benar apa yang dikatakan dokter. Mencegah lebih baik daripada menobati," tutur Dr. Tetra.
Dirinya memuji Dokter Agitha yang sigap dalam melakukan upaya pencegahan penyakit menular Flu Corona di Lapas Kaianda.

"Kita apresiasi kepada Dokter Agitha yang sudah melaksanakan upaya pencegahan virus corona," puji Dr. Tetra.

Tambahnya, pada hari Kamis, Minggu depan (12/3) pihaknya akan melakukan kegiatan penyuluhan tentang pencegahan Virus Corona bagi seluruh WBP Lapas Kalianda bekerjasama dengan Dokter Spesialis Paru di Rumah Sakit Bob Bazar, Kalianda, Lampung Selatan.

"Kamis depan rencananya kita ada agenda penyuluhan kesehatan tentang virus corona. Ditangani Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Bob Bazar," ucap Dr. Tetra mengakhiri.(rls/yg)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dokter Lapas Kalianda Sigap Cegah Virus Corona

Trending Now

Iklan

iklan