Bupati Tutup Karya Bakti TNI Kodim 0424 Tanggamus di Kecamatan Pugung

Bupati Tutup Karya Bakti TNI Kodim 0424 Tanggamus di Kecamatan Pugung

Pugung -- Bupati Tanggamus Hj. Dewi handajani, menghadiri sekaligus menutup kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2020 Kodim 0424 Tanggamus, yang ditempatkan di Pekon Pungkut, Kecamatan Pugung, Rabu (18/10/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0424/Tanggamus Letkol. Arman Aris Sallo, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i, Staf Ahli Bupati Firman Rani, para Kepala OPD, Camat dan Uspika Kecamatan Pugung, Kepala Pekon Pungkut serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0424 beserta jajaran yang telah melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI di Pekon Pungkut, Kecamatan Pugung.

Menurut Bupati, meskipun ditengah pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada perekonomian dan kondisi sosial masyarakat, Kodim 0424/Tanggamus dan Pemda Tanggamus tetap melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI bersama rakyat secara terpadu, demi kesejahteraan masyarakat. 

Bupati melanjutkan, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pada Karya Bakti TNI di Pekon Pungkut ini cukup beragam. Beliau berharap apa yang dibangun melalui Karya Bakti ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga dapat mendukung secara umum kegiatan dan aktifitas sehari-hari masyarakatnya. 

Selain itu Bupati meminta agar masyarakat dapat merawat hasil pembangunan yang dicapai, agar dapat dimanfaatkan lebih lama.

Lebih lanjut Bupati menerangkan,  Pemkab Tanggamus memberikan  dukungan anggaran pada Kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2020 ini. Dengan mengucurkan anggaran melalui Dana Hibah kepada Kodim 0424/Tanggamus sebesar 1,2 Miliar Rupiah, dan anggaran pendampingan sebesar 90 Juta Rupiah.

"Semoga kegiatan ini dapat membawa hasil, yaitu meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pekon, menggugah kesadaran masyarakat untuk berbudaya gotong-royong dan partisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendiri, meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara, berbudaya disiplin dan tertib hukum dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Tanggamus," pungkas Bupati.

Sementara Dandim 0424 Letkol Arman Aris Sallo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada warga masyarakat yang telah membantu dan bekerja sama, sehingga Karya Bakti TNI Kodim 0424 Tanggamus telah selesai dilaksanakan, serta kepada Pemkab Tanggamus yang sudah mempercayakan pembangunan melalui Karya Bakti TNI kepada Kodim 0424 Tanggamus.

"Diawali dari pembukaan jalan,  pembuatan talud dan pelaksanaan pembuat plat deker sebanyak 5 plat deker. Kalo di RAB menggunakan besi 12, karena kekurang yakinan saya jadi kita ganti menggunakan besi 16, supaya bila dilewati kendaraan bisa bertahan. Pembangunan gorong-gorong juga kita gali lagi dan kita isi batu supaya lebih padat," terang Dandim.

Dandim berharap kepada masyarakat Pekon Pungkut agar memelihara pembangunan yang dihasilkan dari Karya Bakti TNI ini. 

"Karena kami hanya membuat, masyarakatlah yang bisa menjaga dan merawat, dan apabila ditinjau ulang jalan ini masih bagus, dan mudah-mudahan bisa ditingkatkan lagi oleh Pemerintah," harapnya.

Adapun hasil pembangunan yang dilakukan melalui Karya Bakti TNI kali ini, terdiri dari sasaran fisik, berupa; 
1. Meningkatnya sarana prasarana wilayah seperti jalan, talud, plat deker, gorong-gorong dan fasilitas sosial serta fasilitas umum lainnya.
2. Meningkatnya sarana prasarana produksi perkebunan untuk memudahkan akses jalan dalam rangka ketahan pangan.

Sedangkan sasaran non fisik, terdiri dari ;
1. Meningkatnya pemahaman tentang bela negara;
2. Meningkatnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan;
3. Terwujudnya kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, baik secara emosional maupun secara institusional;
4. Meningkatnya pemahaman tentang bahaya narkoba;
5. Meningkatnya pemahaman tentang bahaya penyebaran Covid-19; 
6. Meningkatnya disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19;
7. Meningkatnya pemahaman tentang kesehatan; 
8. Meningkatnya pengetahuan dalam bidang pertanian dan perkebunan; dan
9. Meningkatnya iman dan taqwa serta terpeliharanya kerukunan antar umat beragama.

Penutupan ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan pekerjaan dan pengguntingan pita pada ruas jalan baru yang dibangun, serta peninjauan sejumlah hasil pembangunan oleh Bupati bersama Wakil Bupati, Dandim 0424 beserta jajaran. (Kurdianto/Saripudin/Apriadi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Tutup Karya Bakti TNI Kodim 0424 Tanggamus di Kecamatan Pugung"

Posting Komentar