Bupati Siltaurahmi dan Serahkan Bantuan Kepada Dua KWT di Sumberejo

Iklan

Bupati Siltaurahmi dan Serahkan Bantuan Kepada Dua KWT di Sumberejo

Redaksi
Kamis, Januari 21, 2021 | 07:20 WIB 0 Views Last Updated 2021-01-21T00:20:21Z

Sumberejo -- Bupati Tanggamus Hj . Dewi Handajani, bersilaturahmi dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) sekaligus memberikan bantuan secara simbolis kepada KWT Tirta Soya Pekon Dadapan dan KWT Melati Pekon Simpang Kanan, Kecamatan Sumberejo. Rabu (20/01/2021).

Turut mendampingi Inspektur Ernalia, Kepala Dinas Pertanian Catur Agus Dewanto, Camat Sumberejo Pardi serta Uspika Kecamatan Sumberejo.

Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya mengatakan, bantuan yang disampaikan merupakan upaya Pemkab Tanggamus untuk membantu KWT untuk meningkatkan kesejahteraan anggota KWT dan petani di Kabupaten Tanggamus.

Bupati menerangkan bantuan yang diberikan berupa mesin penggilingan kopi, penggilingan bumbu, penggilingan mie, alat sealer, mesin sablon, yang bersumber dari Kementerian Pertanian. Selain itu terdapat juga bantuan vacuum frying blower atau pendingin roasting kopi dari Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pertanian.

"Beberapa alat yang sampai saat ini masih dalam proses indent, belum sampai kesini karena alat tersebut kita pesan sesuai kebutuhan KWT disini, sehingga perlu proses pembuatan alat yang disesuaikan dengan kebutuhan kita," terang Bupati.

Adapun nilai bantuan secara keseluruhan yang diberikan adalah sebesar 50 Juta Rupiah per masing masing KWT, atau total 100 juta rupiah.

"Saya berharap, dengan adanya bantuan ini maka kondisi petani kita lebih baik lagi dan lebih sejahtera. Saya juga berpesan kepada KWT yang mendapat bantuan untuk merawat dan memanfaatkan bantuan ini dengan baik, sehingga produksi atau hasilnya meningkat," ujar Bupati.

Lanjut Bupati, Bupati menyatakan bahwa Pemerintah Daerah senantiasa berupaya serius dalam memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat. 

"Ini tentu menjadi komitmen kami Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan visi dan misi kami, guna memberikan kesejahteraan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat secara merata," tegas Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Bupati kembali menghimbau masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. 

"Kita terus berupaya untuk bersosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama pandemi ini. Kita berdoa, semoga pandemi Covid-19 di Kabupaten Tanggamus dapat segera berakhir," pungkas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga  mendapatkan penjelasan tentang cara kerja sejumlah alat bantuan, sekaligus berdialog dengan para anggota KWT terkait usaha yang dijalankan oleh KWT.

Terpisah, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Catur Agus Dewanto menerangkan bahwa bantuan tersebut merupakan Program Kementerian Pertanian Tahun 2020 yang didapatkan berdasarkan usulan Bupati Tanggamus melalui kunjungan ke Kementerian Pertanian tahun lalu, serta dengan dukungan dari Komisi IV DPR RI.

"Bantuan ini merupakan Program Tahun 2020. Kita dapatkan berdasarkan usulan Bupati pada saat berkunjung ke Kementerian Pertanian tahun lalu, serta dengan dibantu Ketua Komisi IV DPR RI, yakni Pak Sudin," terangnya.

Catur berharap bantuan lainnya dari Kementerian akan terus didapatkan oleh Kabupaten Tanggamus. Guna mempercepat pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Tanggamus dan meningkatkan kesejahteraan Petani. (Sarip/kurdi/Apri/Az)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Siltaurahmi dan Serahkan Bantuan Kepada Dua KWT di Sumberejo

Trending Now

Iklan

iklan