Acara Strategi UmKM bertahan dimasa pandemi Covid 19.

Iklan

Acara Strategi UmKM bertahan dimasa pandemi Covid 19.

Redaksi
Rabu, Maret 24, 2021 | 17:50 WIB 0 Views Last Updated 2021-03-24T13:17:01Z

 Acara Strategi UMKM Bertahan Dimasa Pandemi Covid-19  yang digelarb
Di Gedung Serba Guna Pemda Way Kanan
Rabu, 24 Maret 2021

Sekda Saipul, S.Sos.,M.I,p. 
Dalam sambutan nya menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan menyampaikan menyambut baik atas terselenggaranya, kegiatan Pelatihan Kewirausahaan UMKM mandiri secara virtual. Dari kesempatan ini juga merupakan ajang silahturahmi antara Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Way Kanan, Tim Indomaret, serta para pelaku Usaha di kabupaten Way Kanan.
 Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada PT. Indomarco Prismatama yang telah bersedia bekerja sama untuk membantu dan memberikan pelatihan kepada para pelaku UKM yang ada di Kabupaten Way Kanan, sehingga dapat membantu mewujudkan salah satu misi Kabupaten Way Kanan yaitu Meningkatkan Perekonomian Daerah Berbasis Kawasan didukung Ketersediaan Infrastruktur, yang salah satunya adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


 Seperti yang kita ketahui bersama, jumlah penduduk kabupaten Way Kanan Tahun 2019 berjumlah 450.109 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk berdasarkan data BPS Tahun 2019 sebesar 0.95%, Jumlah angkatan kerja 247.645, Jumlah penduduk miskin 58.720 Jumlah UMKM 34.000 (terdaftar pada data Diskop dan UKM Kab Way Kanan). Kami harapkan dengan mengikuti pelatihan ini para pelaku Usaha dapat: 
1. Meningkatkan Produktivitas 
Melalui pelatihan UMKM ini diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupun dengan peningkatan manajerial.
Harapannya melalui peningkatan keterampilan dalam proses produksi tersebut mampu meningkatkan pula produktivitasnya. Sedangkan peningkatan manajerial diharapkan mampu meningkatkan pemecahan permasalahan yang mana bisa menjadi masalah yang mengganggu produktivitas
2. Meningkatkan Kapabilitas
Para pelaku usaha diharapkan memiliki kemampuan mengeksploitasi secara baik sumber daya yang dimiliki guna meningkatkan usaha mereka, dan dapat menyelesaikan permasalahan operasional usahanya.
3. Pemanfaatan Produk Daerah
Diharapkan pelaku usaha dapat memanfaatkan bahan mentah yang mana merupakan ciri khas daerah, sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan manfaat lainnya dapat dicapai

 saya berharap dari Acara Pelatihan dengan tema strategi UMKM Bertahan Dimasa Pandemi Covid 19 pada hari ini, agar para pelaku usaha mampu memberikan jawaban atas kebutuhan lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat tidak hanya berperan sebagai konsumen saja di era globalisasi dan perdagangan bebas, namun juga sebagai produsen yang ikut ambil bagian secara aktif dalam perdagangan bebas tersebut.
 Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Mari kita semua tetap menjaga semangat dan senantiasa berkarya memajukan UKM di Kabupaten Way Kanan dan Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat melaksanakan amanat pembangunan dengan baik. 
(Tayib)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Acara Strategi UmKM bertahan dimasa pandemi Covid 19.

Trending Now

Iklan

iklan