Faisal Risa Tinjau UMKM Didesa Tegal Ombo Saat Lakukan Reses

Iklan

Faisal Risa Tinjau UMKM Didesa Tegal Ombo Saat Lakukan Reses

Redaksi
Rabu, Maret 24, 2021 | 23:01 WIB 0 Views Last Updated 2021-03-24T18:11:50Z

Lampung Timur : Ketua Fraksi Nasdem Lampung Timur Faisal Riza tinjau salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik warga Desa Tegal Ombo kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur, Rabu (24/03/2021). Usaha UMKM ini memproduksi jajan ringan berupa kelanting.

Dalam kunjungannya itu, Faisal Riza medengar secara langsung keluhan yang di sampaikan oleh pemilik usaha makanan ringan tersebut. 

Dengan raut wajah bahagia saat menerima kunjungan dari salah satu Anggota DPRD Lamtim, Agus pemilik usaha kecil ini menyampaikan beberapa permintaannya kepada Faisal Riza. Ia berharap dapat di berikan bantuan berupa alat penggiling bahan kelanting, karena selama ini alat yang di gunakan hasil rakitannya sendiri yang di nilai pihak Dinas Kesehatan beberapa tahun yang lalu saat berkunjung ke kediamannya menilai usaha tersebut tidak higienis.

Namun sayangnya, lanjut Agus, pihak Dinas Kesehatan tidak memberikan solusi yang tepat untuk memajukan usahanya. 

"Saya pernah mendapat kunjungan dari Dinas Kesehatan tahun 2018 silam, lalu mereka mengatakan bahwa alat yang di gunakan saya untuk menggiling bahan kelanting tidak higienis. Sementara saya mau membeli alat yang lebih modern tidak ada biaya, malah pihak dinas menyuruh saya berhutang di Bank. Saya ini usaha kecil, bagaimana saya mau pinjam duit di Bank untuk mikirin angsurannya,"jelasnya.

Selain itu, Harga minyak sayur yang mahal menjadi keluhan Agus untuk pengelolahan makanan ringan berupa kelanting ini.

Untuk pemasaran, Agus menuturkan bahwa sementara ini hasil produksi kelantingnya di jual ke  pasar tradisonal, salah satunya pasar tradisional di kecamatan Linggo Lamtim.

Namun saat ini usaha rumahan yang di tekuninya dari delapan tahun silam mengalami penurunan drastis akibat pandemi Covid-19. Padahal dulu  omset yang di perolehnya cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara bahan utama yang merupakan singkong ia beli dari petani seharga Rp 800/kgnya dan tidak sesuai dengan pendapatan saat ini.

"Akibat dari pandemi ini, usaha saya turun drastis, tidak sesuai dengan modal untuk membeli bahannya. Tapi mau bagaimana lagi, ini usaha yang saya miliki saat ini,"ucapnya.

Sedikit menambahkan, Agus berujar bahwa alatnya giling modifaksi miliknya ini hanya mampu menggiling bahan sebanyak 50 kg saja, setelah itu alat hasil modifikasinya ini tidak berfungsi.

"Kalau sudah banyak menggiling sekitar 50 kg, alatnya macet, terus di betulin lagi baru bisa di pakai lagi,"tandasnya.

Melihat kondisi ini, Faisal Riza berjanji akan segera mengupayakan bantuan mesin giling bahan kelanting. Agar Usaha rumahan milik salah satu warga desa Tegal Ombo tersebut tetap berjalan dengan baik.

Pewarta: Raja/Mandra Aditama
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Faisal Risa Tinjau UMKM Didesa Tegal Ombo Saat Lakukan Reses

Trending Now

Iklan

iklan