Masyarakat Lampung Timur Merasakan Program 100 Hari Kerja DA-DI

Masyarakat Lampung Timur Merasakan Program 100 Hari Kerja DA-DI

SUKADANA : Program 100 hari kerja Bupati Lampung Timur (Lamtim) Drs.H. M Dawam Rahardjo M.Si dan Wakil Bupati (Wabup) Lamtim H Azwar Hadi SE M.Si telah dirasakan oleh masyarakat Lamtim, Senin (07/06/2021).

Bupati dan Wakil Bupati Lamtim mengucap syukur Alhamdulillah telah genap 100 hari kerja sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lamtim masa jabatan 2021-2026 yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-365 Tahun 2021 tanggal 24 Februari 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-252 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Lampung.

Berdasarkan Keputusan tersebut kami Drs. Dawam Rahardjo, M.Si., dan Hi. Azwar Hadi, S.E., M.Si, secara resmi dilantik oleh Gubernur Lampung atas nama Menteri Dalam Negeri RI pada Jumat, 26 Februari 2021 di Bandar Lampung.

"Sejak resmi memegang amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur, kami beserta seluruh jajaran pemerintah daerah langsung melakukan berbagai gebrakan untuk semakin mendorong kemajuan bagi Bumei Tuwah Bepadan. Hal ini dilakukan sebagai pelaksanaan kontrak   politik dan social  yaitu melaksanakan mandat rakyat Kabupaten Lampung Timur selama 5 tahun kedepan. Untuk itu kami berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan dan program yang telah berhasil dengan baik, khususnya dalam penanganan wabah pandemi Covid19," papar Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo.

Program kerja 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Lamtim sudah di rasakan oleh masyarakat, terutama di bidang pelayanan. Kerjasama Pemda Lamtim dalam hal ini Dinas kependudukan catatan sipil dengan kantor pos Indonesia untuk mengirimkan KTP, KIA, KK, Akte Kelahiran memudahkan masyarakat serta memangkas pungutan liar di Disdukcapil Lamtim. Selain itu bagi masyarakat tidak mampu yang dibuktikan surat keterangan tidak mampu dari desa dapat berobat gratis di RSUD Sukadana. Serta masih banyak program yang lain yang telah dirasakan oleh masyarakat Lamtim, tepat di 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Lamtim di adakan pembuatan Izin massal UMKM selampung timur yang dilaksanakan di rumah dinas Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo.

"Selanjutnya saya juga berharap dengan komitmen bersama ini, kita dapat merubah isu isi terkait perizinan yang terkesan lama dan berbelit Belit, sehingga dengan perizinan yang diberikan secara gratis dan cepat, kedepan dapat mewujudka Lamtim berjaya dan masyarakat lamtim lebih sejahtera," tutup Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo.

Dalam program kerja 100 hari Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo dan wakil bupati Lamtim Azwar Hadi telah dirasakan oleh masyarakat Lamtim, sebagaimana penuturan Hasan (54) tokoh masyarakat Sukadana.

"Selama 100 hari kerja ini banyak gebrakan yang dilakukan oleh Bupati dan wakil bupati Lamtim, seperti pelayanan KTP, KIA, KK dan Akte Kelahiran gratis dan cepat bahkan di antarkan ke rumah masing-masing oleh kantor pos, masyarakat miskin berobat gratis, hari ini dilakukan pembuatan izin massal untuk UMKM selampung timur semuanya gratis dan cepat," ujar Hasan (54) tokoh masyarakat Sukadana Lamtim.

Diketahui dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 telah dilaksanakan Bupati dan Wakil Bupati Lamtim untuk program vaksinasi COVID-19, dengan rincian Vaksinasi Tahap1 : 2.574 tenaga kesehatan, 347 lansia,  dan 10.050 pelayan publik.  Untuk vaksinasi Tahap II : 2.512 tenaga kesehatan, 301 lansia, dan 8,370 pelayan publik. Selanjutnya, dalam rangka memudahkan mobiliasi pasien terduga COVID-19 dan membantu masyarakat, telah dibentuk tim ambulance COVID-19 yang akan melayani seluruh masyarakat, dan dipastikan gratis, tanpa di pungut biaya.

Untuk bidang Infrastruktur telah dilaksanakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 45 rumah tangga yang membutuhkan, yang tersebar di beberapa kecamatan. Ini adalah wujud komitmen kita bersama untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. 
Selanjutnya, telah dilaksanakan program penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAMSIMAS) di 35 desa, dengan rincian pembangunan 34 unit sumurbor, 35 menara air, 35 unit WC sekolah, 25 unit tempat cuci tangan, dan 35 unit tempat cuci tangan di tempat-tempat  umum.

Pada bidang pertanian, telah dilaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis program Kartu Petani Berjaya di 2 kecamatan, yaitu Pekalongan dan Raman Utara. Pelatihan peningkatan kelembagaan petani dan penumbuhan badan usaha milik petani (BUMP), dan perluasan lokus Kartu Petani Berjaya. Pada bidang peternakan, telah dilaksanakan pemberian inseminasi buatan, pelayanan kesehatan ternak keliling, pemberian surat rekomendasi perizinan usah peternakan secara online, pemeriksaan hewan dan produk hasil peternakan menjelanghari raya IdulFitri, pemberian inseminasi buatan gratis, pendampingan dan sosialisasi asuransi ternak, serta pendampingan unit usaha peternakan untuk menjadi skala usaha tingkat nasional.

Pada bidang pelayanan publik, telah dilaksanakan pelayanan keliling perekaman KTP-el, dan kerjasama dengan Kantor Pos dalam rangka pengiriman dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Program ini merupakan pertama dan satu-satunya di Provinsi Lampung.
Pada bidang pelayanan perizinan telah di implementasikan aplikasi layanan perizinan terpadu online (SICANTIK CLOUD) dan penerapan e-Signature (tandatangan digital/elektronik).
Selanjutnya dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM telah diluncurkan Pelayanan Perizinan  Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) Satu Hari Selesai. Telah di launching  Pelayanan Perizinan  Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) Satu Hari Selesai, sementara kepada pemohon berjumlah 217 pelaku usaha. Lalu pada hari ini Senin 7 Juni 2021 terdapat 200 pelaku usaha UMKM yang dibuatkan izinnya secara masal oleh pemkab Lamtim secara cepat dan gratis tanpa biaya apapun.

Pada bidang kepegawaian, telah diluncurkan program kenaikan gaji berkala otomatis, yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Lampung Timur.

Perdagangan, dalam rangka membantu masyarakat menjelang Idul Fitri telah dilaksanakan pasar murah di 6 kecamatan dan pemberian bantuan hibahke 11 IKM.

Dalam rangka mendapatkan masukan dari seluruh stake holder  terhadap penyusunan rancangan RKPD TA. 2022, telah dilaksanakan musyawarah perencanaan ( Musrenbang    tingkat kecamatan di 24 Kecamatan se Kabupaten Lampung Timur dan Musrenbang Tingkat Kabupaten Lampung Timur Tahun Anggaran 2021.
Selanjutnya dalam rangka mendapatkan masukan terhadap rancangan awal penyusunan RPJMD Kabupaten Lampung Timur Tahun 2021-2026, telah dilaksanakan tahapan konsultasi public secara virtual terhadap rancangan awal RPJMD dan   pembahasan rancangan awal bersama di DPRD Kabupaten Lampung Timur.

Terkait dengan akuntabilitas keuangan daerah, pada Tahun 2021 ini Kabupaten Lampung Timur kembali memperolah opini Wajar Tanpa Pengecualian WTP) dari BPK RI. Ini merupakan pencapaian ketiga kalinya secara berturut-turut. 

Pewarta: (TIM)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masyarakat Lampung Timur Merasakan Program 100 Hari Kerja DA-DI"

Posting Komentar