Peserta ini Buktikan Berobat Gratis Hanya Dengan Kartu JKN-KIS

Peserta ini Buktikan Berobat Gratis Hanya Dengan Kartu JKN-KIS

Suaralampung.com, Bandarlampung -

Menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional –Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) diakui sebagai satu kebutuhan wajib yang perlu diprioritaskan karena manfaatnya yang sangat dirasakan oleh masyarakat. Seperti yang dirasakan Siti Rosmawati, warga Rajabasa Kota Bandar. Dirinya mengakui bahwa JKN-KIS merupakan kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap penduduk Indonesia untuk mengatasi masalah kesehatan. Bagaimana tidak, yang Ia tau bahwa JKN-KIS ini menanggung pelayanan kesehatan hampir untuk semua jenis penyakit.

"Saya sering berobat ke Puskesmas Rajabasa kalau tidak enak badan, suami juga pernah di rawat beberapa hari di rumah sakit karena sakit tifus. Kakak saya juga pernah operasi jantung pakai JKN-KIS dan tidak keluar biaya, bisa dibayangkan sendiri jika bayar umum tanpa JKN-KIS," ujar Ibu dua anak ini.

Rosmawati mengungkapkan rasa syukurnya karena telah menjadi peserta JKN-KIS, sehingga dirinya tidak perlu cemas akan kesehatan keluarganya, karena ada JKN-KIS yang akan menjamin. Meskipun demikian, dirinya besarta seluruh anggota keluarga tetap menerapkan pola hidup sehat, dengan rajin berolahraga hingga menjaga pola makan.

"Kami sekeluarga terdaftar JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), alhamdulillah tidak bayar sama sekali, kami keluarga kurang mampu diperhatikan oleh Pemerintah," kata Rosmawati saat ditemui di rumahnya di Perumahan Ragom Gawi Rajabasa Kota Bandar Lampung.

Pengalaman Rosmawati untuk mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dengan JKN-KIS tidaklah sulit, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Klinik, dan Dokter Keluarga, maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) seperti rumah sakit dan klinik utama.

"Prosedurnya seperti apa, ya diikuti saja, syaratnya dipenuhi. Yang tidak tahu bisa ditanyakan kepetugas, kalau ada masalah juga sekarang cukup mudah, tinggal telpon petugasnya, semua bisa selesai, alhamdulillah semua keluarga saya berobat pakai JKN-KIS lancar," kata Rosmawati menceritakan pengalamannya.

Menurut Rosmawati, meskipun suaminya hanya bekerja sebagai buruh serabutan, namun kebutuhan rumah tangganya tercukupi, semua itu karena tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tak terduga buat berobat. Kesehatan semua anggota keluarganya telah dijamin oleh Program JKN-KIS yang sangat bermanfaat ini. Diakhir ceritanya Rosmawati mengungkapkan terima kasih kepada Pemerintah karena telah membuat program JKN-KIS dan mendaftarkan Ia dan keluarganya sebagai peserta. (Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peserta ini Buktikan Berobat Gratis Hanya Dengan Kartu JKN-KIS"

Posting Komentar