Perpustakaan Puska Mandiri Lampung Barat Raih Juara Pertama Tingkat Nasional
Lapax Theme

Perpustakaan Puska Mandiri Lampung Barat Raih Juara Pertama Tingkat Nasional

Perpustakaan Puska Mandiri Lampung Barat Raih Juara Pertama Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Nasional

Perpustakaan Puska Mandiri dari Pekon Puramekar, Lampung Barat meraih Juara Pertama klaster B Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Juara lomba perpustakaan umum terbaik (desa/kelurahan) tingkat nasional terdiri dari enam pemenang di setiap klaster, yakni juara 1—3 dan juara harapan 1—3.

Para peserta lomba merupakan yang terbaik dari 34 provinsi di Indonesia. Tahun ini, karena pandemi covid-19, visitasi dan penilaian akhir di tingkat nasional dilakukan secara daring sejak awal Agustus 2021.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi mengatakan, perpustakaan desa/kelurahan memiliki peran penting sebagai ujung tombak dan agen informasi untuk mengedukasi masyarakat desa demi meningkatkan taraf hidupnya melalui buku-buku yang dibaca.

Saat ini, pengembangan perpustakaan di desa mendapat angin segar melalui terbitnya Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Proritas Dana Desa untuk Tahun 2022.

Dalam peraturan tersebut, desa dapat menggunakan Dana Desa untuk pembangunan gedung perpustakaan, pengadaan koleksi, dan pengelolaan perpustakaan melalui layanan yang diberikan oleh perpustakaan desa. Mengingat pentingnya peran perpustakaan desa/kelurahan, diharapkan dapat berkembang secara merata di seluruh Indonesia.

Berikut daftar pemenang klaster B Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional Tahun 2021.


Juara I: Perpustakaan Puska Mandiri, Pekon Puramekar, Kabupaten Lampung Barat, Lampung

Juara II: Perpustakaan Nagari Gantuang Ciri, Kabupaten Solok, Sumatera Barat

Juara III: Perpustakaan Kerano Kuncoro, Desa Sri Kuncoro, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu

Harapan I: Perpustakaan Ayo Baca, Desa Pandan Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan

Harapan II: Perpustakaan Panre Dilao, Desa Wawatu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara

Harapan III: Perpustakaan Tanyoe, Gampong Lambirah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

(Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perpustakaan Puska Mandiri Lampung Barat Raih Juara Pertama Tingkat Nasional"

Posting Komentar