Bupati Pringsewu Launching Program Gerbang Ikan Desa
Lapax Theme

Bupati Pringsewu Launching Program Gerbang Ikan Desa

Suaralampung.com- Pagelaran; Bupati Pringsewu secara resmi me-launching program Gerakan Membangun Perikanan Desa (Gerbang Ikan Desa) dan Lampung Smart di Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran, Senin (25/10/21).

Gerbang Ikan Desa merupakan salah satu upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan di bidang perikanan, seperti rendahnya tingkat konsumsi ikan masyarakat, rendahnya kualitas dan kuantitas SDM, masih lemahnya kelembagaan, tingkat produksi ikan maupun nilai tambahnya yang masih rendah, hingga pelayanan dan partisipasi masyarakat beserta pemangku kepentingan yang juga dinilai masih kurang.

Bupati Pringsewu Sujadi didampingi Kadis Perikanan setempat Debi Hardian mengatakan perikanan merupakan salah satu potensi unggulan di Kabupaten Pringsewu, sehingga perlu mendapat perhatian khusus.

Ia berharap melalui program Gerbang Ikan Desa ini, dapat mendorong peningkatan hasil perikanan di Kabupaten Pringsewu. "Melalui pendampingan dan pembinaan yang intensif serta sinergitas dari berbagai lintas sektoral, tentunya akan berdampak besar bagi pembangunan perikanan di Kabupaten Pringsewu. Dan, dengan dipilihnya Pekon Lugusari untuk implementasi program Gerbang Ikan Desa ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi pekon-pekon lainnya", ujarnya.

Bupati Pringsewu pada acara launching yang ditandai dengan penebaran benih ikan dan penanaman pohon penghijauan yang juga dihadiri jajaran KKP, Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut, Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan, Pemprov Lampung, Bank Lampung, Fakultas Perikanan Unila serta Politeknik Kelautan dan Perikanan Lampung juga mengharapkan dukungan berbagai pihak, seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemprov Lampung maupun para pemangku kepentingan dalam rangka mempercepat terwujudnya program Gerbang Ikan Desa tersebut.

Sementara itu, terkait di-launching-nya aplikasi Gerbang Ikan Desa sebagai salah satu sarana pendukung dan sumber informasi bagi para pelaku sektor perikanan guna mengembangkan usahanya. Termasuk aplikasi Lampung Smart yang juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bertransaksi secara online, baik untuk berhubungan dengan perbankan maupun lainnya, sehingga akan memudahkan masyarakat untuk menjangkau layanan perbankan (Bank Lampung). "Saya berharap program Gerbang Ikan Desa dan aplikasi Lampung Smart yang di-launching hari ini akan menjadi program berkelanjutan, sehingga pekon-pekon yang memiliki potensi perikanan juga dapat merasakan dampak positifnya", harapnya. (red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Pringsewu Launching Program Gerbang Ikan Desa"

Posting Komentar