SMPN 1 Marga Sekampung Konsen Peningkatan Kualitas SDM Guru
Lapax Theme

SMPN 1 Marga Sekampung Konsen Peningkatan Kualitas SDM Guru

SuaraLampung.Com - Marga Sekampung, Dalam Melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi Ada 2 (dua) hal  mendasar yang sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan saat ini Yang pertama, masuknya kita ke era industri 4.0 sebuah fase baru di revolusi indutri  dimana segala sesuatu  menjadi saling terkoneksi, otomatisasi di semua  aspek,  dan real time data. 

SMPN 1 Marga Sekampung Konsen Peningkatan Kualitas SDM Guru

Ciri Utama era digital 4.0  adalah dimana data menjadi sesuatu yang penting.  Yang kedua,  adalah adanya Pandemi  Virus Covid-19 ke semua belahan dunia. Hal ini berdampak pada  semua hal termasuk juga pada  bidang Pendidikan yang sebelumnya kita tidak pernah membayangkan akan berada kondisi seperti ini. Kita tidak pernah membayangkan jika proses pembelajaran Guru dan siswa   harus  dilaksanakan di kelas-kelas virtual atau  kelas Maya  di dalam Jaringan Online, karena terbitnya aturan yang melarang  aktifitas pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka  akibat  bahaya nyata dari tertularnya Guru dan Siswa dengan Virus Corona. 

Walapun Wabah Virus Corona  secara perlahan mulai berkurang seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat dan menguatnya Herd Imunitity atau kekebalan berkelompok secara besar, tetapi hal ini memberikan dampak dan hikmah yang harus dihadapi  para guru  yaitu bahwa dunia sedang berubah menuju  era digitalisasi.

SMPN 1 Marga Sekampung Konsen Peningkatan Kualitas SDM Guru

Perlu kesiapan guru sebagai garda terdepan dalam menghadapi hal ini . Guru perlu untuk membekali dirinya dengan berbagai kompetensi  khusus terutama  dalam penguasaan  dan pemanfaatan Multimedia dan pengelolaan pembelajaran  secara Online selain kemampuan kemampuan mendasar  lainnya  seperti  kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi penting lainnya.

Berkaca dari Kondisi tersebut, SMP Negeri 1 Marga Sekampung memberikan pembekalan kepada  Guru dan Tenaga Kependidikan dengan beberapa In House Training  atau IHT  seperti  IHT Penggunaan dan Pemanfataan Chrome Book, IHT penggunaan Media Pembelaran Online  berbasis Tatap Muka menggunakan  Platform Zoom, IHT penggunaan  Google Classroom dan  Google form dan IHT IHT lainnya untuk meningkatkan Kompetensi digital  guru.

Kepala Sekolah SMPN 1 Marga Sekampung, Fajar Mundoko, S.Pd.Ing

Saat diwawancarai suaralampung.com Kepala Sekolah SMPN 1 Marga Sekampung, Fajar Mundoko, S.Pd.Ing mengatakan, ”Saat ini kita berada pada Posisi yang menghendaki kita bisa berubah sangat cepat Covid-19 menuntut guru dan kita semua untuk bisa menguasai teknologi lebih baik"

Lanjutnya" Pandemi  yang kita alami walau secara Zona atau penetapan Level PPKM yang semakun baik, tetap mengharuskan kita untuk melek teknologi karena memang dunia kita sudah berubah. Segala Sesuatu saat ini sudah berbasis ONLINE, Dan ini merambah ke semua bidang. Kalau kita tidak mebekali guru dan siswa kita dengan keterampilan ini pasti kita akan tertinggal di derasnya perubahan zaman saat ini, walau disisi lain juga  Teknologi tidak akan mampu mengganti peran Guru”.  

“Selain penyikapan  dengan kondisi, memanfaatkan  peralatan dan fasilitas pendidikan yang tersedia, Kami berharap program-program IHT yang telah dilaksanakan dan  beberapa program lain yang akan kami laksanakan dapat meningkatkan Kualitas  guru dan muaranya  pada peningktan  kualitas hasil belajar siswa”, pungkasnya

Pewarta: Raja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMPN 1 Marga Sekampung Konsen Peningkatan Kualitas SDM Guru"

Posting Komentar