Lakukan kajian, Ombudsman Lampung soroti Pelayanan Vaksin COVID-19 dan Manajemen Limbah B3 di Tiga Kabupaten di Provinsi Lampung

Iklan

Lakukan kajian, Ombudsman Lampung soroti Pelayanan Vaksin COVID-19 dan Manajemen Limbah B3 di Tiga Kabupaten di Provinsi Lampung

Redaksi
Senin, Desember 06, 2021 | 17:25 WIB 0 Views Last Updated 2021-12-06T10:26:11Z

Tanggamus Suaralampung.com. Bandarlampung. Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung menyampaikan hasil akhir saran perbaikan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan Pemerintah Kota Metro tentang pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 dan Manajemen Limbah B3 di Fasyankes pada Senin (6/12) di Kantor Ombudsman Lampung.

"Saran Perbaikan ini merupakan tindak lanjut dari Kajian Cepat yang telah dilakukan Ombudsman tentang pelayanan Vaksinasi COVID-19 dan Manajemen Limbah B3." Jelas Nur Rakhman pada saat penyampaian Hasil Kajian. 

Pihaknya menegaskan kajian ini merupakan salah satu tugas Keasistenan Pencegahan Maladministrasi dalam menyoroti persoalan pelayanan publik yang terjadi guna memastikan penyelenggaraannya sejalan dengan ketentuan perundang-undangan. 

"Kajian ini bersifat pencegahan, bukan didasarkan pada laporan masyarakat. Kami melihat adanya potensi maladministrasi dalam pelaksanaan vaksin untuk itulah penting untuk melaksanakan saran yang disampaikan oleh Ombudsman guna menghindari terjadinya maladministrasi di masa yang akan datang. " Jelas Nur Rakhman masih di momen yang sama. 

Beberapa poin saran yang disampaikan Ombudsman Lampung dibagi menjadi 2 (dua) hal yaitu:
1. Saran terkait pelayanan Vaksinasi yang meliputi penentuan sasaran riil dan edukasi sebelum pelaksanaan vaksinasi, penjadwalan dengan menyesuaikan data sasaran dan stok vaksin untuk setiap pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 serta, penugasan tim non medis yang siaga menjaga prokes di setiap pelaksanaan vaksinasi dan penyempurnaan SOP pelayanan vaksinasi sesuai ketentuan terbaru yang berlaku;
2. Saran terkait manajemen pengelolaan limbah yang meliputi penyusunan rancangan revisi peraturan daerah maupun peraturan bupati/walikota tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup khususnya tentang pengelolaan limbah B3 di daerah, pemrosesan dokumen perizinan TPS Limbah B3 bagi yang belum memproses, penyusunan/penyempurnaan SOP alur pengelolaan Limbah B3 di fasilitas kesehatan sesuai ketentuan terbaru yang berlaku, maksimalisasi pengawasan dan pelaporan oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat atas hasil pengelolaan Limbah B3 yang dihasilkan Fasyankes, sosialisasi untuk pengaplikasikan Manifest Elektronik oleh Dinas Lingkungan Hidup, Evaluasi berkala Kerjasama Fasyankes dengan pihak ketiga selalu transporter ataupun pengolah limbah serta perumusan langkah-langkah/strategi pengelolaan Limbah B3 untuk jangka pendek maupun jangka panjang oleh Pemerintah Daerah. 

"Kami berharap pihak Pemerintah Provinsi yang hadir juga dapat mengkomunikasikan terkait hasil kajian dan saran perbaikan Ombudsman. Meskipun kajian hanya dilaksanakan di tiga Pemda, namun tidak menutup kemungkinan, hasil kajian dan saran perbaikan yg disampaikan juga relevan dengan kondisi pelaksanan Vaksinasi COVID-19 di Pemda lainnya di Provinsi Lampung." Tutupnya.

Di akhir kegiatan, Ketiga Pemerintah Daerah yang menjadi objeknkajian telah menyatakan siap untuk menindaklanjuti saran Ombudsman hingga 30 (tiga puluh) hari ke depan sebagaimana tenggat waktu yang diberikan Ombudsman Lampung.

Pada kesempatan ini, kegiatan dihadiri oleh Sekda Kabupaten Pringsewu, Sekda Kota Metro, dan Asisten Bidang Administrasi Umum Kabupaten Lampung Selatan. Hadir pula Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Lampung dan sejumlah unsur Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah.(Azhimi) 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lakukan kajian, Ombudsman Lampung soroti Pelayanan Vaksin COVID-19 dan Manajemen Limbah B3 di Tiga Kabupaten di Provinsi Lampung

Trending Now

Iklan

iklan