Kanwil Kumham Jabar Dukung Semangat Keimigrasian Semakin Mandiri, Berdaulat dan Berkepribadian

Iklan

Kanwil Kumham Jabar Dukung Semangat Keimigrasian Semakin Mandiri, Berdaulat dan Berkepribadian

Redaksi
Kamis, Januari 27, 2022 | 17:06 WIB 0 Views Last Updated 2022-01-28T15:23:35Z

Suaralampung.com, Depok - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat (Kanwil Kumham Jabar) turut berpartisipasi dalam upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 yang dilaksanakan secara serentak oleh satuan kerja dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian di seluruh Indonesia secara hybrid (online dan langsung), Kamis, 27 Januari 2022

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggara upacara peringatan HBI ke-72 ini yang dihadiri secara langsung Kepala Kanwil Kumham Jabar Sudjonggo didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Heru Tjondro, Kepala Divisi Pemasyarakatan Taufiqurrakhman, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Heriyanto dan Plt. Kepala Divisi Administrasi Eva Gantini disambut Kepala Kanim Depok Fahrul Novry Azman.

Peringatan HBI ke-72 juga dihadiri jajaran pejabat struktural, administrator dan pengawas Kanim Depok beserta jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) regional Bogor Raya , Karutan Kelas I Depok Andi Gunawan, Kalapas Khusus Kelas IIB Sentul Irwan Silais, Kakanim Kelas I Non TPI Bogor Hengki Irawan, Kabapas Kelas II Bogor Teolina Saragih, Kalapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur Mujiarto, Kalapas Kelas IIA Bogor Yohanes Waskito, dan Kalapas Kelas IIA Cibinong Usman.

Rangkaian giat dilaksanakan serentak yang disiarkan langsung dari Graha Pengayoman Gedung Kementerian Hukum dan HAM RI melalui aplikasi virtual conference. Mengusung tema "Bangkitnya Pelayanan Revitalisasi Penegakan Hukum dan Keamanan Untuk Negeri", peringatan HBI ke-72 berupaya menjadikan jajaran Imigrasi semakin berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly memimpin upacara sekaligus menyampaikan amanat. Dalam amanatnya, Yasonna menerangkan bahwasanya pada usia 72 tahun Direktorat Jenderal Imigrasi ini, mencerminkan tingkat kematangan baik berorganisasi maupun berkinerja. Dalam usia ini tidak boleh ada kesalahan dalam mengambil kebijakan dan keputusan sebagai upaya semangat mengimplementasikan tata nilai PASTI.

Lebih lanjut, amanat Menteri kepada jajaran Keimigrasian seluruh Indonesa berpesan agar kita harus tetap sehat supaya dapat berkinerja secara produktif. Imigrasi harus mengambil peran dalam program percepatan penganggulangan dan pencegahan Covid-19, jangan sampai ada kesalahan karena dapat menurunkan kepercayaan publik.
Jajaran imigrasi harus disiplin, taat azas, melayani masyarakat dengan lebih baik lagi, kerja tanpa pamrih, optimal dan bersemangat. 

Perbaiki regulasi, tindakan, standar, tata kelola dan kompetensi sumber daya di Imigrasi. Yasonna berpesan kepada jajaran Imigrasi untuk segera melaksanakan prioritas nasional, perjanjian kinerja dan target kinerja supaya mampu membawa Imigrasi Kemenkumham semakin PASTI.

"Ucapan terima kasih kepada jajaran Imigrasi di seluruh Indonesia atas dedikasinya dalam menjalankan tugas dan amanah yang baik dengan menjalin kerjasama dan membangun sinergi antar instansi sehingga mendukung terciptanya kondisi yang keamanan dan ketertiban di NKRI. Buktikan bahwa jajaran imigrasi mampu menjaga pintu gerbang yang berwibawa sesuai semboyannya, Bumi Pura Wira Wibawa", pungkas Yasonna dalam amanatnya.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian syukuran peringatan HBI ke-72 mulai dari penampilan hiburan tarian bertema Nusantara berikut prosesi pemotongan tumpeng. Giat syukuran juga diikuti Kanwil Kumham Jabar selepas upacara peringatan. Prosesi pemotongan tumpeng dilakukan oleh Kadiv Keimigrasian Heru Tjondro diserahkan kepada Kakanim Depok Fahrul Novry Azam.

"Ini sebagai simbol atas rasa syukur jajaran Kemigrasian Kanwil Kumham Jabar dalam memperingati HBI-72. Sekaligus bentuk apresiasi atas prestasi yang diraih Kanim Depok yang berhasil membangun Zona Integritas dengan meraih satuan kerja Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2021 serta prestasi Kanim Depok yang berhasil meningkatkan kelas pelayanan yang semula Kantor Imigrasi Kelas II menjadi Kantor Imigrasi Kelas I. 
Semoga jerih payah kinerja jajaran Kanim Depok bisa dipertahankan terlebih dapat ditingkatkan dalam upaya meraih satuan kerja Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)", terang Heru dalam sambutan singkatnya saat prosesi pemotongan tumpeng.

Dalam kegiatan ini turut juga diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Wilayah berupa Piagam Penghargaan yang diraih oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jabar dan diraih oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.HH.-01.UM.06.01 Tahun 2022 tentang Penerima Piagam Penghargaan Pada Hari Bakti Imigrasi Ke-72 Tahun 2022. Peringatan HBI-72 mendorong jajaran Keimigrasian menciptakan atmosfer untuk menjadikan teladan dan pelopor bagi kebaikan organisasi. Jayalah Imigrasi, Jayalah Kementerian Hukum dan HAM.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kanwil Kumham Jabar Dukung Semangat Keimigrasian Semakin Mandiri, Berdaulat dan Berkepribadian

Trending Now

Iklan

iklan