Oknum Pejabat Lamtim Disinyalir Terlibat Dalam Sewa Lahan Aset Pemkab LamTim

Iklan

Oknum Pejabat Lamtim Disinyalir Terlibat Dalam Sewa Lahan Aset Pemkab LamTim

Redaksi
Jumat, Maret 18, 2022 | 17:41 WIB 0 Views Last Updated 2022-03-19T10:35:03Z

SuaraLampung.Com, Lampung Timur - Oknum Pejabat Pemkab Lampung Timur berinisial MR disinyalir terlibat dalam pengelolaan  lahan aset milik daerah Kabupaten Lampung Timur tanpa mengantongi izin dari dinas terkait. MR di duga menyewa lahan melalui ED yang merupakan pengurus salah satu Gapoktan yang berada di seputaran kecamatan Sukadana.

Hal ini di benarkan salah satu petani semangka yang juga merupakan patner MR, ia berujar bahwa MR telah menyewa lahan aset milik pemda Lamtim dengan ED. Namun dalam persoalan sewa lahan tersebut patner MR tidak mengetahui berapa biaya untuk sewa lahan aset milik pemkab Lampung Timur, di karenakan Patner MR ini mengaku hanya bertugas mengelola lahan yang telah di sewa oleh MR, sementara untuk hasil panen dari lahan tersebut, patner MR mengaku akan di bagi untung.

Selain itu Patner MR mengaku tidak sendirian, ada seorang petani lainnya yang di perintahkan MR untuk menggarap lahan. Luas lahan  yang di perintahkan MR kepadanya untuk di kelola sebanyak satu setengah hektar (1,1/2 hektar), sedangkan seorang petani lainnya di perintahkan mengelola lahan seluas satu hektar lebih.

"Saya di sini hanya mengelola lahan, urusan sewa saya tidak tahu. Saya cuma di suruh pak MR, dan nantinya hasil pengelolaan lahan ini untungnya di bagi. Setau saya Pak MR sewa dengan pak ED. Untuk luas lahan, saya mengelola satu setengah hektar dan ada juga di kelola petani lain seluas satu hektar lebih,"jelasnya.

Saat di konfirmasi di ruang kerjanya, oknum Pejabat Lamtim berinisial MR ini mengelak jika di tuding telah melakukan sewa lahan aset miliki pemkab Lamtim melalui ED. Ia menuturkan bahwa dirinya hanya sebatas membantu pembinaan kepada petani. 

Selain membantu pembinaan, MR menyebutkan dirinya juga memberi bantuan biaya dan benih kepada petani untuk mengelola lahan, dan dana yang ia berikan kepada petani nantinya akan di pulangkan setelah panen.

"Sebenarnya saya hanya tenaga tekhnis, yang punya itu ya gapoktan, ketuanya pak PRN, dan ED ini ada dalam gapoktan itu juga. Kalau di bilang saya sewa lahan dengan ED itu tidak benar. Saya hanya bertugas pembinaan kepada petani. Dan saya  mengluarkan biaya dan benih untuk membantu petani mengelola lahan itu, karena ada petani yang belum berpengalaman dalam menanam semangka,"ucap MR.

Pemberitaan sebelumnya, diketahui dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kabupaten Lampung Timur bahwa sejumlah lahan yang telah di kelola oleh masyarakat samapai dengan saat ini belum ada sumbangan untuk pendapatan daerah (PAD).

Menurut Sekretaris Bapenda kabupaten Lampung Timur Ahmad Faoji, bahwa sampai saat ini retribusi penyewaan tanah aset daerah kabupaten Lampung Timur belum ada masuk, sedangkan lahan aset milik Kabupaten Lamtim cukup luas untuk di kelola.

Sejauh ini lahan aset daerah Kabupaten Lampung Timur yang di ketahui kosong berada di tiga kecamatan, Purbolinggo, Labuhan Maringgai dan Sukadana.

"Retribusi dari pemanfaatan tanah milik Pemkab Lamtim belum ada untuk penyumbang pendapatan daerah kabupaten Lampung Timur. Padahal sebenarnya kalau dikelola pemanfaatan lahan yang ada di Lamtim ini cukup baik untuk menyumbang PAD. Banyak lahan kita yang kosong, seperti di Purbolinggo, Labuhan Maringgai, Sukadana,"jelas Kepala Bapenda di ruang kerjanya, Kamis, (17/03/2022).

Di tempat terpisah Kepala Bidang Pertanahan Dinas Lingkungan Hidup Takdirullah mengatakan bahwa pihaknya sejauh ini masih dalam proses pemetaan sehingga belum di ketahui berapa jumlah luas tanah Pemda Lampung Timur yang di kelola oleh masyarakat.

"Kami belum mengetahui berapa luas tanah atau lahan aset kabupaten Lampung Timur, karena sejauh ini kami sedang melakukan pemetaan,"singkatnya.

Pewarta: Mandra Aditama
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Oknum Pejabat Lamtim Disinyalir Terlibat Dalam Sewa Lahan Aset Pemkab LamTim

Trending Now

Iklan

iklan