Butuh Perhatian dan Bantuan Pemerintah Segera Ibu dan Anak Warga Talangpadang Menderita Sakit

Iklan

Butuh Perhatian dan Bantuan Pemerintah Segera Ibu dan Anak Warga Talangpadang Menderita Sakit

Redaksi
Rabu, Juni 22, 2022 | 20:32 WIB 0 Views Last Updated 2022-06-23T13:15:03Z

Tanggamus (SL)- Rahma (69) dan Heriyanto (40)  merupakan ibu dan anak warga dusun bandongan, pekon Talang Padang, kecamatan Talang Padang, Tanggamus membutukan uluran tangan dan pemerintah.

Pasalnya keduanya dalam keadaan sakit dan hanya bisa berbaring di tempat tidur sederhana dirumah yang sangat sederhana jauh dari kata layak huni. Mereka hanya mengandalkan Andi Irawan (45) anak pertama dan seorang single parents.

Kepada Suaralampung.com dan tim media Heryanto yang  sedang rebahan di ruang tengah rumahnya mengatakan dirinya tidak memiliki biaya untuk berobat.

" Sudah tiga bulanan saya seperti ini karena keterbatasan biaya saya berobat ya alakadarnya saja, kasihan Abang yang juga harus merawat ibu," ujarnya,"Rabu, (22/6/2022).

Saya hanya berharap kepada pemerintah dapat membantu kesembuhan saya dan meringankan perawatan ibu saya," imbuhnya.

Di dalam bilik yang pencahayaan kurang dan pengap nampak Rahma hanya terbaring diam.

"kalau ibu sudah lama sakit sudah tidak bisa apa-apa hanya tiduran aja, untuk kebutuhan makan harus saya suapi dan keperluan MCK harus saya gendong, bahkan kalau tidak ketahuan apa-apa diatas kasur," kata Andi

Dengan keterbatasan ekonomi dan hanya seorang diri dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari Andi hanya mampu merawat ibu dan pengobatan adiknya semampunya. Dirinya mengaku tidak mampu membawa Keduanya ke puskesmas maupun rumasakit.
" Karena keadaan saya hanya bisa merawat ibu dan adik saya semampu saya mau ke puskes gak ada biaya apalagi rumasakit bang, saya mohon kepada pemerintah untuk dapat membantu meringankan beban saya dalam merawat dan menyembuhkan adik saya," tutupnya.

Di lain pihak Aswin sekdes setempat meminta maaf kepada keluarga Andi dan awak media, pihaknya mengaku salah dan teledor dalam hal ini.
"Saya mewakili kepala pekon mohon maaf karena keteledoran kami selama ini, setelah mengetahui kami pun sudah berupaya memberikan BPJS gratis dan Alhamdulillah hari ini sudah selesai bahkan sudah aktif selain dari itu kami sudah mengajukan ke dinas PUPR untuk mendapat bantuan RTLH, Alhamdulillah juga rumah bang Andi masuk dalam program tersebut," terang Aswin

Dikatakan pula pihak pekon akan menggalang donasi dan mencari bantuan sosial dari semua pihak.
"Pada kesempatan ini saya mohon ijin kepada bang Andi untuk melakukan kegiatan donasi dan mencari bantuan dari Lembaga-lembaga sosial yang ada di Tanggamus. Perlu di ketahui data sudah kami serahkan ke LKS Alamanda dan basnas Tanggamus, insyaallah segala upaya kita bersama sampai ke bupati bahkan kementrian sosial," pungkasnya.

Sementara kepala KUPT Puskesmas talang Padang dr. Eka Priyanto tidak berada di tempat dan saat di hubungi via telepon, dirinya sedang ada pertemuan. 

Dalam program bupati Tanggamus dengan 55 aksinya terkesan hanya jargon belaka, salah satu program bupati adanya homecare lansia nampak tidak berjalan di Talang Padang.
" Selama ini belum ada bang dari kesehatan yang Dateng kerumah, untuk menengok apalagi mengobati ibu saya," terang Andi. (Wsn/Apriadi/Azh/tim) 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Butuh Perhatian dan Bantuan Pemerintah Segera Ibu dan Anak Warga Talangpadang Menderita Sakit

Trending Now

Iklan

iklan