Kelurahan Pesawahan Tbs Lulus Verifikasi ODF (Open Defecation Free)

Iklan

Kelurahan Pesawahan Tbs Lulus Verifikasi ODF (Open Defecation Free)

Redaksi
Kamis, Januari 19, 2023 | 04:05 WIB 0 Views Last Updated 2023-01-18T21:07:28Z
Bandarlampung, suaralampung.com. Verifikasi Kelurahan Stop Buang Air Sembarangan (SBS) adalah proses memastikan status open defecation Free ( ODF ) pada masyarakat secara kolektif yang telah bebas dari prilaku buang air sembarangan. 

Verifikasi ODP di Kelurahan Pesawahan Kecamatan Telukbetung Selatan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung ( Rabu, 18/01/2023 ) dengan Ketua Tim Verifikasi Ajib Jayadi SKM, M.Ph Kasi Kesling Kesjaor Dinkes Kota Bandarlampung, dengan pendamping dari Puskesmas Pasar Ambon yang langsung dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pasar Ambon dr. Risma, Bagian Tata usaha Puskesmas Pasar ambon Mareta dan Jajaranya serta Kepala Kelurahan Pesawahan Musa Saleh S. I.kom. Kepala Lingkungan dan Rt sebagai penunjuk bagi Rumah warga yang akan diverifikasi langsung oleh Tim untuk mendapatkan data dan fakta faktual dari Keseharian masyarakat Kelurahan Pesawahan. 

Setelah mendapatkan penjelasan terkait Verifikasi ODF pada sesi pertama pembukaan acara, Kaling dan Rt dibagi menjadi 5 Kelompok dengan masing masing Tim memgkoordinir 7 Rt, yang nantinya setiap Rt akan diverifikasi 2 Kepala Keluarga ( Dua Rumah ) sebagai sumple Verifikasi. Adapun Tim Verifikasi adalah sebagai berikut : 

Tim 1.Maryana SKM dan Tim Puskesmas 

Tim 2.Joko warsito SKM dan Tim Puskesmas. 

Tim 3. Irham S.sos dan Riza Ferdian SKM. 

4.Ayu sanita SKM dan Ayu danova Amd. SKM 

5. Ajib jayadi SKM. M. Ph. dan Mareta.

Kelurahan Pesawahan Telukbetung selatan telah memiliki Bank sampah, Kampung hijau dan memfokuskan kebersihan di setiap Lingkungannya, 
"  Kami setiap selasa dan Jum'at pagi secara rutin melakukan kerja bakhti bersama Bapak, Ibu Kaling dan Rt, serta masyarakat sekitar yang iklas bersedia bersama kami bersih bersih lingkungan  " Ujar Musa Saleh, Lurah Pesawahan. Hal ini terkait dengan program sanitasi ODF yang saat ini hendak dilakukan verifikasi untuk Kelurahan Pesawahan. 

Menurut Ajib Jayadi, dalam narasinya mengatakan bahwa target program ODF untuk sanitasi total berbasis masyarakat, agar lebih higenis kehidupan masyarakat dalam membersihkan kesehatan di lingkungan masing masing. 

" Program ini berujuk pada keputusan Presiden, sehingga pelaporan berjengjang pun hingga ke presiden dan kami melakukan Verifikasi dengan juknis yang telah disepakati dan ditetapkan. Sebelum Kota Bandarlampung beberapa Kabupaten telah menyandang lulus ODF, seperti pringsewu kota metro dan Lampung Selatan. " Terang Ketua Tim Verifikasi dari dinas Kesehatan Kota Bandarlampung ini. 

"  Untuk Kota Bandarlampung hingga saat ini 80 persen telah ODF, yang terbaru kemarin adalah Kelurahan Talang yang ke 103 dari total Kelurahan yang ada di Bandarlampung sebanyak 126 Kelurahan. " Lanjut Ajib Jayadi.

Fokus Verifikasi bagaimana bu, tanya Jurnalis suaralampung. disela sela tinjauan langsung ke warga di lapangan pada Mareta Kepala Tata Usaha Puskesmas Pasar Ambon. 

" Kita akan cek dirumah penduduk terkait ketersediaan tempat pembuangan sampah, WC, tangki sepiteng / tangki septik penampung tinja termasuk udara pembuangan dari sepiteng tersebut, kwalitas dan ketersediaan air bagi keluarga tersebut, serta Kulkas pendingin makanan olahan karena ini terkait juga dengan kesehatan warga itu sendiri. " Jelas Mareta. 

Setelah Tim Verifikasi kembali dan melakukan rapat, diputuskan bahwa Kelurahan Pesawahan berdasarkan hasil Verifikasi langsung sesuai data dan fakta yang ada maka dinyatakan " Lulus Verifikasi " dan mendapat sertifikasi Kelurahan ODF yang disambut riuh Alhamdulillah peserta yang hadir, 

Acara diahiri dengan pembacaan Ikrar 5 Pilar ODF oleh Kaling dan RT yang di pandu oleh Lurah Pesawahan Musa Saleh S.I.Kom (Joe@nda, bdl)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelurahan Pesawahan Tbs Lulus Verifikasi ODF (Open Defecation Free)

Trending Now

Iklan

iklan