Jelang Akhir Tahun 2023, Kejati Lampung Siap Tuntaskan Suluruh Perkara Korupsi

Iklan

Jelang Akhir Tahun 2023, Kejati Lampung Siap Tuntaskan Suluruh Perkara Korupsi

Jumat, Oktober 27, 2023 | 21:13 WIB 0 Views Last Updated 2023-10-27T14:13:38Z
Suaralampung.com, Bandarlampung — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung hingga kini masih terus mengusut dugaan korupsi mafia tanah pada pembayaran ganti rugi lahan pembangunan Bendungan
marga tiga di dua kecamatan di kabupaten Lampung Timur soal uang ganti rugi tanam tumbuh pada Balai Besar Mesuji sekampung tahun anggaran 2021. 

Kasidik Pidsus Kejati Lampung, Krisnandar didampingi Kasipenkum Kejati Lampung, Ricky Ramadhan dan Kepala Seksi Pidana Khusus Ali Habib menjelaskan, pihaknya juga telah melaksanakan pelimpahan tahap II terhadap tersangka atas nama Doni Ardiansyah Putra terkait korupsi KUR BRI Tulangbawang ke Penuntut pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulangbawang.

"lantaran berkas perkara korupsi dana KUR Tahun Anggaran 2022 tersebut telah dinyatakan lengkap. Pada hari ini secara resmi kasus dengan dugaan kerugian negara mencapai total Rp1.946.480.000 tersebut diserahkan penanganannya kepada Jaksa Penuntut pada Kejari Tulangbawang untuk selanjutnya dilimpah ke Pengadilan dan segera disidangkan," kata
Kasidik Pidsus Kejati Lampung, Krisnandar, Jumat (27/10)

Selain itu pihaknya telah melakukan beberapa penanganan perkara dugaan korupsi lainnya yang akan diselesaikan oleh Kejati Lampung di ujung tahun 2023 terkait kasus korupsi di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Lampung Utara.

Krisnandar menambahkan, bahwa pihaknya saat ini sedang fokus di lima perkara yang akan diselesaikan di akhir tahun 2023. Perkara pertama yakni terkait, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH ) atau Bedah Rumah pada Disperkim di Lampung Utara tahun anggaran 2017 sampai dengan 2020.

Untuk itu, lanjut Kasidik, selain di Lampung Utara ada juga dibeberapa kabupaten lainnya seperti di Lampung Timur. "Bendungan marga tiga itu ada di dua kecamatan di kabupaten Lampung Timur soal (uang ganti rugi tanam tumbuh )pada Balai Besar Mesuji sekampung anggaran 2021," kata dia.

Selain itu, saat ini juga Kejati sedang menangani kasus yang sedang berjalan di kabupaten Tanggamus soal Perjalanan dinas pada Sekretariat DPRD Tanggamus dan kasus korupsi pada BRI di Tulang Bawang

"Yang sedang berjalan juga perkara pada perjalanan dinas DPRD Tanggamus dan dugaan tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan kredit usaha rakyat (KUR), kupedes, dan kredit ultra mikro pada BANK BRI Unit Tulang Bawang II," tutur Kasidik Pidsus Kejati Lampung.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Akhir Tahun 2023, Kejati Lampung Siap Tuntaskan Suluruh Perkara Korupsi

Trending Now

Iklan

iklan