Peringati Hardiknas 2024, Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung Launching Buku, dan Teacher Awards

Iklan

Peringati Hardiknas 2024, Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung Launching Buku, dan Teacher Awards

Rabu, Mei 01, 2024 | 23:35 WIB 0 Views Last Updated 2024-05-01T16:36:05Z


Suaralampung.com, Bandarlampung-  Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung hari ini tengah mempersiapkan hajat akbar penyelenggaraan rangkaian Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024.

Berbagai kegiatan yang dipusatkan di SMA Fransiskus Bandar Lampung itu, salah satu diantaranya yakni launching buku Pedagogi CAKAP.

Ketua Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung Sr. M. Editha, FSGM, mengatakan, jika saat ini tengah mempersiapkan acara tersebut.

"Ya untuk tanggal 2 dan 3 itu ada kegiatan launching buku Pedagogi Cakap dan Teacher awards ya, serta gelar kecakapan dalam rangka perayaan Hardiknas 2 Mei, khususnya untuk Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung hari ini prepare semua persiapan," ujarnya saat ditemui, Rabu (1/5/2024)?

Suster Editha menambahkan, tema kegiatan pada Hardiknas Tahun ini ialah 
Ke-"CAKAP"an Fransiskus Untuk Indonesia. Sub Tema "Menguatkan pendidikan, Memajukan Kebudayaan, Bersinergi dalam keberagaman menujun Indonesia Emas".

Adapun rangkaian kegiatan peringatan Hardiknas di Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung yaitu:

1. Launcing Buku Pedagogi CAKAP.
2. Pengumuman Teachers Awards Guru se-Yayasan Dwi Bakti 
Bandarlampung
3. Gelar kecakapan/ Projek Profil Pelajar Pancasila/P5 sekolah-sekolah 
Fransiskus se-Yayasan Dwi Bakti Bandarlampung. 
4. Panggung ke-CAKAP-an seni budaya peserta didik Fransiskus
5. Permainan ke-CAKAP-an modern/tradisional
6. Pemeriksaan Kesehatan

Kegiatan diikuti seluruh unit sekolah yang bernaung di bawah yayasan di Bakti Bandar Lampung, baik di Lampung maupun Batu Raja, dan juga ada di dalam Klaten, lalu undangan dari Yayasan Dwi Bakti cabang Jakarta, juga kemudian ada Yayasan Diagrahita yang dikelola oleh para suster, membawahi sekolah SLB, itu juga datang ke sini, dan juga ada berbagai kategori yang memang karya-karya para suster.

"Launching buku memang sudah dipersiapkan sejak lama dengan berbagai penyusunan, pedoman, dipersiapkan untuk pembelajaran sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan, semangat yang kita miliki. Jadi ada kekasan anak lulus itu mau jadi apa, itu kekasan SMA Fransiskus kurikulumnya kurikulum merdeka, tapi diberi roh dengan semangat teladan spiritnya dari tokoh-tokoh karakter dari sekolah Fransiskus, dan juga pendiri semangat dari pendiri suster-suster FSGM yang memang mendirikan sekolah ini," tambahnya.

Ia juga mengatakan, Selain launching buku, juga ada pengumuman teacher awards, jadi kita memberi apresiasi kepada para guru. Jurinya dari luar, sudah proses beberapa waktu yang lalu dan besok itu akan diumumkan siapa yang berhak mendapatkan anugerah tersebut, dari TK, SD, SMP, SMA.

Kemudian selain itu juga gelar kecakapan berkaitan dengan project profil pelajar Pancasila dari sekolah seluruh unit yang ada di Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung. 

Dalam acara ini akan ditammpilkan karya-karya anak, yang mereka selama ini persiapkan di sekolah masing-masing. Kemudian juga ada pemeriksaan kesehatan atau pengobatan murah, bekerjasama dengan alumni, dengan dokter-dokter, dan yang lain. 

Dalam acara besok juga ada permainan tradisional, kemudian ada juga gelar seni yang diisi oleh sekolah Fransiskus, guru-guru, yang juga mengangkat budaya Indonesia. Semuanya jadi temanya lebih pada Nusantara, sama dengan apa yang kita mau, sebagai warga negara Indonesia untuk mencintai budaya.

Selain itu juga mengikuti gerakan keuskupan Tanjung Karang sekarang ini pendidikan cinta budaya, arah dasarnya tahun ini temanya seperti itu, karena sekolah kita ini merupakan karya gereja juga, jadi mengambil bagian dari dalamnya itu kegiatan-kegiatannya.

Peserta yang hadir diperkirakan sekitar kurang lebih 3.000-an, cukup ramai. Harapannya bahwa anak-anak, kemudian orang tua yang hadir juga merasakan kegembiraan seperti apa yang kita rasakan, dan juga semakin mengenal sekolah Fransiskus, lalu apa yang akan kita berikan itu semakin dikenal.

"Bagi anak-anak dan orang tua murid sekolah Fransiskus semoga kita semakin memiliki sekolah Fransiskus dengan nilai-nilai yang diperjuangkan, yang kita hidupi bersama, bukan hanya sekolah, tapi anak-anak, orang tua murid, suster, semuanya menjadi satu keluarga. Ini kita harus hidupi sampai di manapun kita tetap hidupi nilai itu," Tutupnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hardiknas 2024, Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung Launching Buku, dan Teacher Awards

Trending Now

Iklan

iklan