Kampung Pribumi Tertua Suku Lampung Di Kabupaten Lampung Selatan

Iklan

Kampung Pribumi Tertua Suku Lampung Di Kabupaten Lampung Selatan

Redaksi
Selasa, Juni 24, 2014 | 11:46 WIB 0 Views Last Updated 2014-06-27T02:25:57Z
SuaraLampung.com, Terletak Di Desa Rulung Helok Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, tedapat sebuah kampung yang berpenduduk tidak lebih dari 40 Kepala Keluarga dengan penduduk 320 jiwa, bernama Runglok masyarakat menyebutnya, dimana kampung tersebut adalah merupakan kampung pribumi suku Lampung tertua di Lampung Selatan.

Kampung tersebut pernah dipimpin oleh seorang ketua adat Lampung yang sangat terkenal dengan gelar adat Tuan Kuasa, dia adalah Ibrahim Tuan Kuasa, dimana kampung tersebut diperkirakan telah ada sejak jaman Portugis, dilihat dari peninggalan yang ada berupa sebatang pohon tua yang konon ditanam oleh Tuan kuasa bersamaan dengan awal berdirinya kampung tersebut.

Dalam lingkungan masyarakat kecil tersebut adat budaya suku Lampung sangat dipertahankan, baik yang bersifat ritual atau keseharian masyarakatnya, bahkan bahasa daerah lampung nyaris terdengar dalam setiap percakapan keseharian masyarakatnya.

Namun kini sudah mulai banyak yang melupakan, nilai dari kearifan budaya lokal daerah yang sangat sarat tuntunan serta budi pekerti, di kampung Runglok juga tertdapat sebuah rumah adat lampung yang dulunya ditinggali oleh keluarga Tuan Kuasa.

Kampung Runglok juga memiliki pemandangan yang sangat indah, dimana kampung tersebut terletak di sepanjang sungai Way Sekampung yang menjadi batas alam wilayah Kabupaten Pesawaran dan Lampung Selatan, dimana di kampung tersebut berdiri kokoh bangunan peningggalan jaman kolonial belanda berupa dam atau bendungan yang dibangun pada tahun 1898, juga ada banker perlindungan untuk mempertahankan dari dari serangan musuh, juga sebuah jembatan gantung yang indah.

Kampung tua ini juga telah menyumbangkan jasa yang besar pada daerahnya, dengan mengantarkan salah satu putra daerah kelahiran kampung tua Runglok, yang menjadi kepala dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lampung selatan, dia adalah Suryadi Ibrahim Tuan Putra Bangsawan, dimana dirinya menjabat pada masa kepemimpinan Bupati Zulkifli Anwar. (Tri W).

Rumah adat Lampung peninggalan yang masih asli terjaga
Rumah adat Lampung peninggalan yang masih asli terjaga







Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kampung Pribumi Tertua Suku Lampung Di Kabupaten Lampung Selatan

Trending Now

Iklan

iklan