Mitos dan Pesona Mekarnya Bunga Wijaya Kusuma

Iklan

Mitos dan Pesona Mekarnya Bunga Wijaya Kusuma

Redaksi
Minggu, Juli 03, 2016 | 00:04 WIB 0 Views Last Updated 2016-07-03T00:53:16Z
SuaraLampung.Com, Bunga wijaya kusuma begitu nama bunga cantik nan indah ini tentu seindah namanya, keharumanya semerbak mewangi tertiup hembusan angin serta pesona mistik yang ada di dalamnya menyeruak penuh misteri. Bunga dengan kelopak yang tersusun secara roset ini sering disebut bunga ratu malam atau night queen, karena bunga ini hanya mekar dimalam hari saja.
Mitos dan Pesona Mekarnya Bunga Wijaya Kusuma
Muhammad Sutarno warga desa Bumiarum Kabupaten Pringsewu ini pada malam Jumat kemarin sengaja menunggu pesona mekarnya bunga wijaya kusuma yang ada di pekarangan rumahnya, dengan rasa penasaran dan cukup bersabar beliau mengamati dan menunggu detik-detik mekarnya bunga wijaya kusuma yang sudah 15 tahun lebih dipelihara oleh ibunda tercinta. Bunga ini diperkirakan mekar pada jam 11-12 tengah malam dan entah kebetulan atau tidak mekarnya selalu pada malam Jumat dan selalu di bulan Ramadhan meskipun kadang mekarnya bisa dua kali dalam setahun.
Bunga wijaya kusuma yang masih kuncup pada siang hari
Bunga wijaya kusuma yang sedang mekar tepat jam 11-12 malam Jumat
Bunga yang merupakan tanaman spesies anggota kaktus ini (Famili Cactaceae) sepintas mirip sekali dengan tanaman buah naga namun bunga kusuma wijaya memiliki batang yang jauh lebih kecil. Bunga dengan kelopak yang berukuran kurang lebih 10 cm ini memiliki warna putih dan berbau harum nan segar namun ada pula bunga kusuma wijaya yang berwarna kuning atau merah.
Bunga wijaya kusuma yang berwarna kuning dan merah
Dalam mitos budaya Jawa bunga wijaya kusuma dipercaya sebagai pusaka titisan Dewa Wisnu, terutama di lingkungan keraton Yogyakarta dan Surakarta apabila seorang raja ingin naik tahta harus memiliki bunga kusuma wijaya dalam keadaan mekar dan segar yang diambil oleh 40 orang utusan di pulau Nusakambangan. Konon bunga wijaya kusuma merupakan jimat yang sangat istimewa yang digunakan untuk membantu pandawa pada saat kondisi terdesak atau genting.

Percaya atau tidak itulah mitos dari bunga indah ini tergantung bagaimana orang menilainya, ada juga sebagian orang menilai bunga ini sebagai bunga biasa yang memiliki keunikan mekar di malam hari saja namun ada juga yang menilai bunga ini penuh mistik yang dihubungkan dengan alam gaib. (Sudar) diolah dari berbagai sumber.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mitos dan Pesona Mekarnya Bunga Wijaya Kusuma

Trending Now

Iklan

iklan