Sosialisasikan Angkutan Pelra, Dishub Pesawaran Akan Uji Coba Pelayaran Secara Gratis

Sosialisasikan Angkutan Pelra, Dishub Pesawaran Akan Uji Coba Pelayaran Secara Gratis

Suaralampung.Com.
Pesawaran - Dinas perhubungan kabupaten pesawaran akan luncurkan uji coba pelayaran secara gratis dan terbatas, dalam pelaksanan pelayaran secara gratis ini dalam rangka mensosialisikan ungkutan Pelra di wilayah kabupaten pesawaran.

Pamerintah daerah kabupaten pesawaran melalui Dinas perhubungan, dan di saat ini sedang akan mengkanca suatu program angkutan kepulauan dengan menggunakan kapal pelra, atas bantuan kementrian perhubungan Republik Indonesia untuk melayani baberapa kepulauan yang berpenduduk di wilayah kabupaten pesawaran. Rabo (25/9/2019).

Kepala Dinas perhubungan (Dishub) kabupaten pesawaran, Afdal Faisal., M.Si. Menyampaikan saat awak media suara lampung pesawaran meminta keterangan terkait uji coba kapal Pelra dan Ia mengatakan.

"Uji Coba kapal Pelra Benawa Nusantara 113 yang akan di luncurkan pelayaran secara gratis ini diantara nya di baberapa pulau, salah satu nya legundi, pulau tegal dan pulau pahawang" papar nya

Dalam Uji Coba pelayaran secara gratis ini, adalah salah satau bentuk perhatian pamerintah daerah kabupaten pesawaran yang melalui Dinas perhubungan pesawaran, ini akan membuat Suatu program yang bersipat pro masyarakat sehingga pada saat akan di lakukan uji coba nanti masyarakat kepulauan akan di layani dengan angkutan kapal pelra Banawa nusantara 113.

Dan kepala Dinas perhubungan kabupaten pesawaran, dalam pelayaran uji coba kapal Pelra Benawa Nusanta 113 Ini, Ia menyampaikan lagi.

"Pelayanan secara gtratis ke pulau pulau tersebut akan di layani dua kali dalam satu minggu, dan dalam satu bulan, dan dalam langkah uji coba pertama kali ini akan kita lakukan pelayaran dari pelabuhan ketapang menuju pulau pahawang, pulang pergi (PP), yang akan di laksanakan pada hari senen dan hari jumat" 

Dan selanjut nya, "Dalam minggu berikut nya, akan kita layani dari pelabuhan ketapang menuju pulau legundi, pulang pergi (PP), Dan minggu berikut nya lagi kita akan melayani, dari pelabuhan ketapang menuju pulau tegal" Jelasnya

Kepala Dinas perhubungan kabupaten pesawaran Menambahkan lagi, Bantuan Kapal Pelra Benawa Nusantara 113 yang kita miliki saat ini adalah salah satu Hibah dari kementrian perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI), dan dalam Pemaparan nya menjelaskan.

1. Dishub Pesawaran paling pertama penerima hibah yang ada di prov lampung.

2. Kapal Pelra ini sangat relevan di kab pesawaran karena secara geografis daerah pesawaran terdiri dari kepulauan kepulauan.

3. Kapal Banawa Nusantara 113 sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat yang berada di kepulauan.

4. Kapal pelra ini diperuntukan untuk pelayaran masyarakat di kepulauan, dari pelabuhan pengumpulan atau lokal di kepulauan, yang menuju ke Dermaga atau Pider, yang selanjutnya diangkut oleh angkutan terusan ke daerah tujuan, 

5. Terintegrasi dengan program sabuk Nusantara atau tol laut, 

6. Angkutan murah dan terjangkau oleh masyarakat atau meringankan biaya yang ditanggung masyarakat, 

7. Angkutan aman dan safety bagi masyarakat sbg upaya mewujudkan kelancaran, ketertiban, keterangkutan, keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di wilayah kepulauan pesawaran.

Mengingat Program Uji Coba kapal Pelra yang melayani Pelayaran secara gratis terhadap Masyarakat di pesawaran  khusus nya masyarakat di kepulauan, Kepala bidang perhubungan laut Dariyo S. IP. MM, sangat mendukung penuh atas program uji coba yang akan di berlakuakan Pada Bulan Oktober ini, Ia Tak luput mengumandangkan.

"dan saya Sebagai staf, sangat mendukung program uji Coba Pelayaran kapal Pelra Benawa Nusanatara yang ada kabupaten pesawaran ini dan saya siap meng inplementasikan apa yang yang menjadi rencana program dari pimpinan, dengan ada nya kegiatan atau program ini bener benar, menjadi salah satu bentuk perhatian pamerintah daerah kepada masyarakat kepulauan yang membutuhkan transportasi yang layak, nyaman dan aman di kepulauan di wilayah kepulauan" tambah Kabid perhubungan laut Dariyo

Hibbah bantuan kapal Banawa Nusantara 113 yang di kucurkan pamerintah pusat melalui menteri perhubungan yang disalurkan kepada pemerintah daerah kabupaten pesawaran ini salah satu daerah terpilih yang masih dan sangat membutuhkan akses konektivitas dan untuk menunjang sektor parwisata maupun perdagangan di daerah kepulauan.

Adapun uji coba pelayaran secara gratis yang akan di berlakuan pada bulan oktober ini nanti, salah satu nya Dalam mensosialisasi kapal Pelra Benawa Nusantara 113 ini adalah salah satu bertujuan, untuk mendapatkan informasi, dan seberapa jauh dan seberapa besar kebutuhan tentang angkutan dari dan menuju wilayah kepulauan, dengan Vidder pelabuhan ketapang, sehingga pada ahirnya akan di dapat data dan informasi tentang intensitas penumpang dan barang pada ketiga kepulauan tersebut, dengan mengetahui intensitas dan ada baberapa hal yang ingin kita dapat kan informasi nya.

Sambil menutup pembahasan pelayaran kapal Pelra Secara Gratis ini, kepala dinas perhubungan Afdal Faisal M.SI Menambahakan lagi.

"Uji coba pelayaran secara Gratis ini yang pertama, ini salah satu teknis mensosialisasikan Kapal pelra, apakah dapat di lanjutkan dengan suatu program yang memang dapat di permanenkan kedepan nya"

"Dan kedua kita dapat memperoleh informasi tentang pelaksanan angkutan gratis ini, atau tidak bisa di jadi suatu program permanen maka harus kita lakukan dengan program angkutan yang dari sisi pembiaya an pro rakyat yang dapat menguntungkan masyarakat"

"serta alternatif ke tiga kita akan mendapatkan informasi tentang angkutan berbayar yang fropesional, dan maka arti nya dengan kemampuan kemampuan melayani secara baik yang nyaman dan kita akan memperoleh informasi, apakah masyarakat pro akan angkutan yang aman nyaman dan layak" Tambah nya lagi

Dengan adanya alternatif Pelayanan pelayaran secara gratis ini, Dinas perhubungan akan merkomendasikan kepada pimpinan, dalam hal ini bapak bupati dan bapak wakil bupati, program apa untuk membantu masyarakat kepulauan yang lebih pro kepada masyarakat yang sipat nya meringankan beban masyarakat.

Dan ia akan merencana kan. 
"Kami sedang mengkanca kalo bisa akan kami laksanakan pada tanggal 1 bulan sepuluh ini nanti, itu adalah salah satu momen yang pas untuk untuk meloncing angkutan ini sembari kami mempersiapkan konsep dan program serta semua sarana prasarana yang di perlukan guna mewujudkan apa yang menjadi rencana kita bersama ini, dan nanti nya akan ada skejul atau jadwal keberangkatan dan tiba kembali ke pelabuhan yang permanen yang bisa di ketahui oleh khalayak ramai, wabil khusus masyarakat di wilayah yang ada di kepulauan". Pungkas nya (Ryal).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sosialisasikan Angkutan Pelra, Dishub Pesawaran Akan Uji Coba Pelayaran Secara Gratis"

Posting Komentar