TP PKK Provinsi Laksanakan Pembinaan di Tanggamus

Iklan

TP PKK Provinsi Laksanakan Pembinaan di Tanggamus

Redaksi
Kamis, Oktober 10, 2019 | 21:33 WIB 0 Views Last Updated 2019-10-10T14:34:03Z

Tanggamus.Suaralampung.com. -- Ketua TP PKK Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pembinaan TP PKK Provinsi Lampung di Aula Kantor PKK Kabupaten Tanggamus, Kamis (10/10/19).

Turut hadir Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dr. Hj. Reihana M.Kes, Pengurus TP PKK Provinsi Lampung, Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Kepala Dinas PPAKB Edison, Kepala Dinas PMD Idham Khalid, Plt. Kadis Kesehatan Taufik, Sekretaris Diskominfo Derius Putrawan, para Pengurus TP PKK Tanggamus, serta para Ketua TP PKK Kecamatan dan Pekon se Kabupaten Tanggamus.

Pembinaan dilakukan dalam bentuk Pembinaan Pemeriksaan Metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan Pencegahan Stunting. IVA sendiri adalah metode yang dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks, sementara stunting adalah kondisi dimana pertumbuhan tinggi badan tidak sesuai dengan umur (kerdil). Dimana kedua hal tersebut masih menjadi isu nasional yang harus disikapi oleh semua stakeholder.

Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Provinsi dan jajaran yang telah melakukan pembinaan di Kabupaten Tanggamus. Ia menerangkan kegiatan pemeriksaan kanker serviks dengan metode IVA di Kabupaten Tanggamus telah berjalan, meskipun masih jauh dari target yang ditetapkan. "Sasaran wanita yang harus mendapatkan pemeriksaan IVA 92.781 orang, dan target yang harus dicapai 14.845 atau 16%. Namun capaiannya baru 1.314 atau 8,806%. Dalam hal ini kegiatan sosialisasi dari PKK dan Dinas Kesehatan telah dilaksanakan. Tapi masih ada keengganan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan, mungkin karena yang pertama rasa takut dan malu. Namun dengan adanya pembinaan dari TP PKK dan Dinas Kesehatan Provinsi kegiatan ini, kami jadikan semangat untuk kembali bangkit menyuarakan pentingnya setiap wanita untuk melakukan pemeriksaan IVA," terangnya.

Sementara Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i menyampaikan Pemkab Tanggamus senantiasa berkomitmen dalam upaya pembangunan dibidang kesehatan.

"Dibidang kesehatan, pada tahun ini kami sudah mengeluarkan kartu lansia, dimana yang memegang kartu lansia ini akan memperoleh layanan kesehatan home care dari rumah ke rumah," kata Wabup.

Wabup juga menerangkan bahwa Pemkab Tanggamus telah memprogramkan 1 Ambulan 1 Pekon, dimana saat ini telah terdapat 100 ambulan di 100 Pekon. Demikian juga dengan pengadaan alat USG yang akan diadakan di 17 Puskesmas se Kabupaten Tanggamus, sehingga para ibu hamil dapat memeriksakan kehamilannya dengan menggunakan USG.

Sementara Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah awal guna membangun sinergitas antara TP PKK Provinsi dengan jajaran dibawahnya. "Kami sangat berharap dapat membangun silaturahmi yang sebaik-baiknya, guna mempermudah pencapaian tujuan tujuan sebagaimana tertuang dalam 10 Program Pokok PKK," katanya.

Beliau juga menyatakan keberadaan PKK di semua tingkatan sangat diharapkan dapat menjadi garda terdepan guna meningkatkan kesejahteraan keluarga, dalam menopang upaya pembangunan oleh pemerintah dari lingkup terkecil yaitu keluarga.

Sebelum mengakhiri sambutannya Hj. Riana juga menyampaikan keinginannya untuk membuat Taman Lansia di seluruh Lampung, sehingga para lansia memiliki tempat untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan para lansia lainnya, yang diharapkan dapat membuat para lansia labih bahagia.

Usai membuka kegiatan pembinaan, Ketua TP PKK Provinsi Lampung didampingi Wakil Bupati dan Ketua TP PKK Tanggamus menyempatkan diri mengunjungi Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Tanggamus, yang juga berada di Komplek Perkantoran Pemda Tanggamus.

Ditempat ini beliau berinteraksi dengan para siswa dan pendidik di SLBN Tanggamus. Beliau menyampaikan agar anak-anak dan para pendidik di SLBN tetap semangat dalam menjalani pendidikan.(SARIPUDIN/Kurdianto/AZ)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TP PKK Provinsi Laksanakan Pembinaan di Tanggamus

Trending Now

Iklan

iklan