Bupati Raden Adipati Surya Menghadiri kegiatan HKN Tingkat Kabupaten Way Kanan

Iklan

Bupati Raden Adipati Surya Menghadiri kegiatan HKN Tingkat Kabupaten Way Kanan

Redaksi
Selasa, Desember 10, 2019 | 13:11 WIB 0 Views Last Updated 2019-12-10T06:11:37Z


Suaralampung.Com.
Way Kanan - Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menghadiri kegiatan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional  Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 dilapangan Korpri  kabupaten setempat pada (10 Desember  2019).

Dari pantauan media ini nampak dalam acara tetsebut Hadir  Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang diwakili oleh  Kepala Sub Direktorat Pengamanan Limbah dan Radiasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Ibu Jelsi Natalia Marampa, SKM, MKKK

Bupati Raden Adipati surya mengatakan,
"Melalui kesempatan yang baik ini, saya juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, khususnya kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan yang telah bekerja keras memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, juga kepada semua pihak, yaitu TNI, Polri, Tim Penggerak PKK, Ormas, Perusahaan Swasta maupun Dinas atau Instansi lainnya, yang telah berkontribusi dalam pencapaian keberhasilan pembangunan kesehatan di Kabupaten Way Kanan,"Kata orang nomorsatu di Way Kanan tersebut.   

Tema Hari Kesehatan Nasional ke-55 kali ini adalah "Generasi Sehat Indonesia Unggul". Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

Menegaskan arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu "Stunting" dan "Jaminan Kesehatan Nasional". Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya.

Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih, ditandai dengan adanya peningkatan "Indeks Pembangunan Manusia" setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah "Usia Harapan Hidup". Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB. 

Selama masa tugas Kepemimpinan Saya, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan, yang mengusung kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan sehat melalui Pendekatan Keluarga.

Kita patut berbangga bahwa pembangunan kesehatan  saat ini kian dirasakan manfaatnya. Namun, kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan, kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah Stunting, JKN, serta penyediaan pelayanan kesehatan dasar. Betapapun pemerintah sudah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan tuntutan masyarakat.

Kita akan terus bangun kesehatan mulai dari keluarga, karena keluarga sehat akan mewujudkan Kampung/Kelurahan Sehat. Kampung/Kelurahan Sehat akan mewujudkan Kecamatan Sehat. Kecamatan Sehat akan mewujudkan Kabupaten Sehat. Kabupaten Sehat akan mewujudkan Provinsi Sehat, dan Provinsi Sehat akan mewujudkan Indonesia Sehat. 
Melalui moment Hari Kesehatan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa. 

"Untuk itu saya berharap kita dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku, khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan serta membenahi tata kelola jaminan kesehatan. Apa yang sudah dirintis sebelumnya kita lanjutkan dan tingkatkan. Saya optimis dan yakin bahwa kita dapat mewujudkan SDM yang Unggul untuk Way Kanan Maju dan Berdaya Saing," Paparnya.

"Pencapaian ODF (Open Defecation Free) sebagai Kabupaten yang telah Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan telah kita raih, merupakan Pilar Pertama dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam peningkatan akses sanitasi masyarakat dan akan tetap kita pertahankan untuk dapat terus mengupayakan keberlanjutannya dalam pencapaian Pilar STBM lainnya, sehingga pada hari ini kita akan melakukan Pencanangan STBM Berkelanjutan Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019," Ungkap nya.

Penghargaan Padapa Kabupaten Sehat Tahun 2019 telah kita raih dengan nilai tertinggi dari seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, sebagai bukti bahwa kita telah berhasil berperan aktif dan bersinergi antar lintas sektor maupun lintas program, serta mampu melakukan Pemberdayaan Masyarakat dalam menyelenggarakan Kabupaten Sehat.  

Keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah kita raih, merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas berbagai pihak, dukungan kemitraan yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, dan tidak luput dari wujud nyata peran serta masyarakat dengan memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat, karena sehat berawal dari masyarakat yang melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, melalui Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). 

"Selanjutnya, atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi- tingginya kepada para insan kesehatan di seluruh penjuru Kabupaten Way Kanan, terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Kampung serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan Generasi Sehat Indonesia Unggul," Kata Dia.

"Kita berharap Generasi Sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM Unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera. Saya mengajak semua pihak untuk terus bekerja sama dalam pembangunan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan Way Kanan Maju dan Berdaya Saing," Kembali Kata Dia.

Wartawan : Tayib/Rijal.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Raden Adipati Surya Menghadiri kegiatan HKN Tingkat Kabupaten Way Kanan

Trending Now

Iklan

iklan