Pemkab Tanggamus Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Produk Kopi Biji

Pemkab Tanggamus Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Produk Kopi Biji


Tanggamus-Suaralampung. Com.
Gisting -- Pemkab Tanggamus melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM, menggelar Pelatihan Peningkatan Mutu Produk Kopi Biji, bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sukisno, mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, di Meeting Room Hotel 21 Kecamatan Gisting, Rabu (26/02/20).

Sukisno yang membacakan sambutan Bupati Tanggamus menyampaikan bahwa sinergitas antara pemerintah daerah maupun petani dan pengelola kopi biji harus selalu terjalin dengan baik agar dihasilkan persepsi yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Tanggamus. Melalui keterpaduan program kegiatan yang saling menguntungkan dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat, terutama dibidang perekonomian dan pembangunan akan terus ditingkatkan kearah yang lebih baik. 

"Semoga kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi para petani dan pengelola kopi biji, sehingga dapat menambah mutu dan daya saing serta membranding kopi Tanggamus lebih unggul," kata Sukisno.

Sukisno melanjutkan, para pengrajin kopi bukan hanya berpikir bisa mengolah tetapi harus bermitra dengan petani. Selain itu harus mampu menjaga hutan, agar tetap subur dan  terjaga.

Ia juga meminta kepada Dinas Koperindag UMKM, untuk tidak berhenti pada pengolahan saja, tetapi dari penanaman sampai ke penjualan produknya, dan menciptakan lapangan kerja baru serta harus belajar tentang pemasaran.

"Sekali saya minta, dari Dinas Koperasi dan UMKM, agar bisa memfasilitasi paling tidak dari hasil ini bisa dievaluasi tahun depan, syukur kalo bisa sampai ke peningkatannya, serta bapak ibu harus mengetahui dan mengenal kualitas dari kopi itu sendiri."

"Jangan berhenti setelah latihan ini, coba dievaluasi tahun depan masih berapa yang sudah produksi, paling tidak tergambar produksinya, serta bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi pengrajin kopi, sehingga kita bisa meningkatkan produk kopi yang berkualitas di Kabupaten Tanggamus," pungkasnya.

Sebelumnya dalam laporan Ketua Pelaksana yang juga Kabid UMKM
Alfian, disampaikan bahwa tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan sistem pendukung usaha bagi produktifitas usaha mikro kecil menengah yang mandiri dan berdaya saing.

Kegiatan sendiri dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 s/d 27 Februari 2020, di Meeting Room Hotel 21 Kecamatan Gisting. Dengan jumlah peserta 20 orang, yang terdiri dari pelaku UKM yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Koperindag Ishak, Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Ketua Dekranasda Nuraini Lubis serta jajaran TP PKK Tanggamus.

Sedangkan untuk Narasumber yakni Arie Oktara dan Rico Damina Usman dari Provinsi Lampung. 

(Saripudin/Kurdianto/Apriadi/Az)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Tanggamus Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Produk Kopi Biji"

Posting Komentar