Penerapan ADD 2015 Kampung Kotabaru Sukses Membangun Infrastruktur Jalan Dan Drainase

Iklan

Penerapan ADD 2015 Kampung Kotabaru Sukses Membangun Infrastruktur Jalan Dan Drainase

Redaksi
Minggu, Februari 07, 2016 | 07:46 WIB 0 Views Last Updated 2016-02-07T00:46:39Z

Pada tahun 2015 pemerintah pusat mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) dari APBN untuk membangun Desa atau Kampung yang ada diseluruh indonesia, haltersebut bertujuan untuk kesejahteraan Rakyat, diantaranya juga yang berada dikabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Kampung Kotabaru kecamatan Di Kecamatan Padang Ratu pada tahun 2015 merupakan salah satu kampung yang menerima program tersebut, dilihat dari monograpi kampung yang mempunyai luas wilayah 517 H, dengan jumlah penduduk 3715 jiwa. terbagi dari  5 Dusun dan 18 RT. Dimana Warga Kampung Kotabaru mayoritas bermata penchariansebagai petani  sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Kampung Kota Baru. Purwanto kepada media Suaralampung.com Sabtu (6/2) diruang kerjanya.

"saya selaku kepala kampung dan masyarakat Kampung Kota Baru sangat berterima kasih sekali dengan pemerintah pusat  dibwah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo. Karna dengan adanya  aggaran Dana Desa kami masyarakat bisa membangun kampung dengn baik khususnya untuk inprastruktur yang selama ini  yang sangat diharapakan dan dibutuhkan  masyarakat," Ungkapnya.

Ditambahkan oleh kepala kampung yang relijiusini,  bahwa tahun 2015 lalu aggaran yang diterima Kampung kota Baru mencapai  Rp 400-000,000, (Empat Ratus juta)  dengan dana tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur. yang dibutuhkan masyarakat.

"Kami pada tahun lalu menerapkan dana ADD dengan  membangun jalan Onderlagh  sepanjang 1400 M, kemudian Pembuatan saluran air Drainase sepanjang 750 M dan Talut penahan air yang panjangnya 455 M. Dimana bangunan tersebut terletak Di  Dusun Dua dan Dusun Tiga Kampung kota Baru, Selain diperuntukkan untuk pembangunan sarana fisik dana ADD juga  kami gunakan untuk aggaran non fisik antara lain untuk memenuhi perlengkapan sarana dan prasarana kantor  Desa seperti mobiler  leptop yang sangat dibutuhkan untuk lebih memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat di desa ini,"ungkapnya disela wawancara.

Selain hal tersebut diatas Purwanto berpendapat pemberdayaan kampung seperti kegiatan karang taruna  Kegiyatan PKK juga mendapat perhatian maksimal  ujar kepala kampung yang bersahaja ini. 

Lanjutnya lagi untuk anggaran ADD tahun 2016 yang aggarannya meningkat hampir 100%. Untuk pembangunan fisiknya yang menjadi skala prioritas adalah membangun jalan ondarlagh  Di tiga Dusun yang selama ini belum tersentuh atau jalannya masih jalan tanah, sehingga kondisi tersebut  mempersulit untuk masarakat mengeluarkan hasil  bumi.

"Harapan  masyarakat kepada pemerintah  supaya aggaran untuk tahun seterusnya  bisa ditingkatkan
lagi sehingga pembangunan baik fisik atau non Fisik dapat lebih mensejahterakan masyarakat. Sementara untuk pengawasan program ini diharapakan kepada pihak Eksekutif, Legeslatif dan Yudikatip bisa pro aktif kebawah,  juga didukung dengan pendampingan dan pelatihan serta sosialisasi yang maksimal karena besarnya dana ADD memberi celah untuk terjadinya tindak pidana korupsi, disini peran serta dan kontribusi dari masyarakat menjadi penting," tambahnya.

Dirinya juga berpendapat  wewenang kepala Desa (kades) atau kepala Kampung (Kakam) sebagai pemangku kebijakan tertinggi diwilahnya, menjadi bahan taruhan.

" Sebab realisasi anggaran dana yang bersumber dari daerah atau pusat (uang negara) harus ada pertanggung jawabannya dengan jelas, selain itu juga harus dibuktikan dengan bukti-bukti yang cukup, untuk penunjang kelengkapan surat pertanggung jawabannya itu," tegasya (ADV irul)

Keterangan Gambar ; foto hasil penerapan ADD Kampung Kotabaru

Keterangan Gambar ; Kepala Kampung Kotabaru. Purwanto

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penerapan ADD 2015 Kampung Kotabaru Sukses Membangun Infrastruktur Jalan Dan Drainase

Trending Now

Iklan

iklan