Menteri BUMN Lirik Pantai Nipah Lampung Selatan Destinasi Wisata

Iklan

Menteri BUMN Lirik Pantai Nipah Lampung Selatan Destinasi Wisata

Redaksi
Minggu, September 24, 2017 | 09:29 WIB 0 Views Last Updated 2017-09-24T02:29:12Z

Suaralampung.Com, BANDAR LAMPUNG -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno menilai Provinsi Lampung berpotensi besar mengembangkan pariwisata dan memiliki lokasi strategis untuk pengembangan perekonomian. Hal ini disampaikan Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono saat berkunjung ke Pantai Teluk Nipah Unit Kebun Karet Bergen PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 7 Kalianda, Lampung Selatan, Sabtu (23/9/2017).

Menurut Rini Soemarno, area yang dimiliki BUMN terutama perkebunan dapat dimanfaatkan dan berpotensi untuk perkembangan pariwisata. "Kebun ini bisa dikonvensi menjadi pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat Lampung," ujar Rini. 

Pengembangan pariwisata ini dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak luar dan antar BUMN. "Karena dalam pariwisata BUMN juga memiliki pengalaman dalam pengembangan pariwisata seperti pengembangan Nusa Dua dan Lombok Mandalika," kata Rini. 

Rini menjelaskan Pantai Teluk Nipah, dekat dengan Jakarta dan berpotensi besar jadi destinasi wisata, bahkan lebih indah dari Nusa Dua, Bali. "Tentunya hal ini akan kami perhatikan dan akan menggerakkan tim untuk melakukan pengkajian lebih lanjut untuk perkembangan pariwisata. Lampung sangat prospektif, terutama di Pantai Teluk Nipah yang memiliki laut terbuka serta terdapat teluknya. Jadi ini memiliki potensi yang baik bagi perkembangan pariwisata," kata Rini. 

Kawasan Teluk Nipah, menurut Sutono, memiliki potensi wisata terpadu berskala internasional. "Tempat ini sangat potensial sebagai perkembangan pariwisata karena ada laut, pasir, bukit dan daratan. Selain itu lokasinya tidak jauh dari Jalan Tol Trans Sumatera dan memiliki konektivitas yang bagus seperti Pantai Gigi Hiu dan Gunung Krakatau. Tentunya Menteri sangat puas karena ini dapat dikembangkan seperti Nusa Dua," jelas Sutono. 

Wilayah ini harus terintegrasi dan harus terdapat pelabuhan untuk kapal pesiar yang memiliki konektivitas pada Gigi Hiu dan Krakatau dan lainnya. "Selain itu, perlu ditambahkan tempat baik seperti taman buah. Oleh karenanya dibutuhkan perencanaan yang matang," kata Sutono. 

Sutono menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung akan mendukung perkembangan pariwisata ini. Hal ini sejalan dengan program unggulan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Salah satunya terkait pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung. "Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan serta PTPN 7 akan melakukan rapat lanjutan untuk melakukan pembahasan lebih lanjut terkait hal ini," kata Sutono. (Rls/Humas Prov)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri BUMN Lirik Pantai Nipah Lampung Selatan Destinasi Wisata

Trending Now

Iklan

iklan