Pertama di Indonesia, Lampung Gelar Bursa Inovasi Desa

Iklan

Pertama di Indonesia, Lampung Gelar Bursa Inovasi Desa

Redaksi
Kamis, Oktober 26, 2017 | 21:28 WIB 0 Views Last Updated 2017-10-26T14:28:36Z

Suaralampung.Com, BANDAR LAMPUNG -- Pemerintah Provinsi Lampung membuat terobosan dengan menggelar Promosi Pembangunan Desa dan Bursa Inovasi Desa di Lapangan Desa Pekalongan, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Kamis (26/10/2017). "Ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan di Indonesia sebagai niat baik Gubernur Lampung Ridho Ficardo untuk membangun Lampung semakin terdepan," kata Wakil Gubernur (Wargub) Bachtiar Basri saat membuka acara itu.

Provinsi Lampung konsisten memajukan desa melalui Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwai Jurai (Gerbang Desa Saburai). Sejak bergulir di 100 desa pada 2016, Gerbang Desa Saburaib membidik 250 desa di 2017 dan ditargetkan 380 desa dapat terangkat dari status tertinggal pada 2018. Setiap desa mendapat kucuran dana Rp240 juta.

Bursa Inovasi Desa menampilkan pameran pembangunan desa dan kelurahan perwakilan 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Selain itu, senam zumba, sunatan 100 anak, dan hiburan dengan mendatangkan artis Desiliana (Dangdut I 3D Indosiar) dan Tika kartika (Juara I Dangdut Pantura 3). Wagub juga memberikan 10 ekor kampung kepada warga. 

Dalam memajukan desa, ujar Bachtiar, kuncinya adalah inovasi. "Untuk mewujudkannya dibutuhkan sinergi pihak terkait dan kerja nyata. Saya berharap acara ini mampu terus dilakukan, sehingga mimpi untuk mewujudkan desa maju dan masyarakat sejahtera dapat terwujud," kata Wagub.

Kegiatan ini, menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Lampung, Yuda Setiawan, untuk memperkenalkan program inovasi dan keunggulan desa yang mampu diterapkan di desa lain melalui pemanfaatan dana desa. "Lampung dua tahun berturut juara lomba desa nasional. Semoga yang ketiga kalinya berasal dari Lampung Timur," kata Yuda Setiawan.

Sebagai bentuk apresiasi atas pembangunan desa, Pemerintah Provinso Lampung memberikan hadiah untuk desa terbaik yakni Gunung Rejo, Pesawaran sebagai Juara I Desa Terbaik dengan total hadiah Rp75 juta. Kemudian, Pekon Gisting Bawah, Pesawaran sebagai Juara II dengan hadiah Rp50 juta, Desa Sido Asih Lampung selatan sebagai Juara III dengan hadiah Rp35 juta.

Sedangkan untuk kelurahan terbaik yakni Iring Mulyo, Metro sebagai Juara I dengan hadiah Rp70 juta,  Fajar Esuk, Pringsewu sebagai Juara II meraih Rp50 juta dan Gunung Terang, Bandar Lampung sebagai Juara III dengan hadiah Rp35 juta. Panitia juga memberikan hadiah bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik yakni Tunas Jaya I, Pesawaran Juara I dengan hadiah Rp11 juta, Tarahan Berkarya II Lampung Selatan Juara II meraih Rp9 juta, dan Hagon Jejama III, Tanggamus sebagai Juara III dengan hadiah Rp6 juta. (Rls/Humas Prov)




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pertama di Indonesia, Lampung Gelar Bursa Inovasi Desa

Trending Now

Iklan

iklan