Program Unggulan Darul Arqam Muhammadiyah Boarding School 2 Tahun Hafal Quran 30 Juz

Iklan

Program Unggulan Darul Arqam Muhammadiyah Boarding School 2 Tahun Hafal Quran 30 Juz

Redaksi
Selasa, Oktober 17, 2017 | 11:34 WIB 0 Views Last Updated 2017-10-17T04:34:13Z

Suaralampung.Com, Natar - Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Boarding School Natar, memiliki program unggulan yaitu santri 2 tahun hafal Quran 30 juz, hal tersebut dikatakan oleh Fajar Fikri Abdillah tenaga ahli pengajar Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School.

Diungkapkan pemuda yang telah menyandang gelar Al Hafidz tersebut, bahwa ada beberapa hal yang dilaksanakan untuk memastikan target tersebut (hafal 30 juz) dapat dicapai, dengan memprogramkan bentuk kurikulum pembelajaran yang tepat, metode pencapaiannya dengan sistem ujian atau semester, juga menghafal surat-surat pilihan," paparnya di lokasi pondoknya yang beralamat di Dusun tangkit Batu Desa Muara putih Kecamatan Natar Lampung Selatan.

Ditambahkan oleh Putra Bejo Susanto wakil ketua komisi A DPRD lamsel tersebut, bahwa menghafal 30 Juz dapat diwujudkan, dengan menggunakan metode khusus, di setiap 5 juz ada ujian, target setiap harinya sehari 3 halaman.

Dirinya menuturkan beberapa hal yang sangat menunjang suksesnya program Hafidz Qur'an pertama tempat yang kondusif, pengajar berpengalaman, bisa fokus untuk hafalan dan murojaah, juga adanya tingkatan ada ujian serta bisa bahasa Arab akan lebih cepat menghafal.

"Pada awalnya menghafal tentu ada beberapa kendala mungkin satu hal 1 halaman satu jam sampai 2 jam kalau terbiasa cukup dengan 15 menit sampai 20 menit," " ungkapnya pada Selasa (17 /10/2017).

"Yang terpenting dalam menghafal Adalah fokus pada cara baca yang benar atau Tahsin, dengan demikian memudahkan proses menghafal al-Quran untuk selanjutnya," ujarnya.

Ditambahkan oleh Fajar Fikri Abdillah. "Pengalaman saya kalau mereka fokus tidak sampai 2 tahun bisa hafal, dan menjaga hafalan dengan muroja'ah yang belum lancar," tambahnya.

Masih kata dia, " Usia ideal untuk menghafal Alquran adalah 6 tahun atau 7 tahun, karena pada usia tersebut lebih kuat mendengarnya, dengan mendengarkan murotal bacaan Al-Quran, kalau sudah berusia dewasa itu harus didorong dengan pemahaman," pungkasnya. (Tri)

Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Boarding School.

Alamat : Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan Sabtu tangkit Batu Muara putih Natar Lampung Selatan.

Telepon : 082 7844 4805

...........................................................

Muhammadiyah Boarding School Natar Membangaun Generasi Islam Berkualitas

 
Suaralampung.Com. Natar. Bicara soal pendidikan kita selalu terkait tentang kualitas, mutu, sumber daya manusia. Lalu bila ditanya pendidikan yang berkualitas itu yang seperti apa ? Maka akan banyak persoalan yang ada di benak kita yang mungkin belum tentu ada jawabannya.

Dikatakan Bejo Susanto selaku  Dewan pembina mengatakan, Menyikapi akan kebutuhan sarana pendidikan yang berkualitas maka organisasi Muhammadiyah meresponnya dengan mendirikan Muhammadiyah Boarding School.

"Sekolah ini berkonsep pondok pesantren dengan pola pendidikan 24 jam penuh, tentu saja pendidikan dengan pola ini memiliki beberapa keunggulan, para santri tetap bersekolah pada siang hari untuk mengejar kebutuhan akan pendidikan umum, istimewanya waktu malam hari mereka digembleng dengan pembelajaran budi pekerti serta pendidikan agama, sehingga diharapkan hasilnya adalah sebuah kombinasi kualitas pendidikan umum yang mumpuni dengan pendidikan agama yang mapan, serta moral yang juga baik,  tentu itu yang diharapkan oleh setiap orang tua," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya. Kelebihan yang diajarkan pada sekolah Muhammadiyah Boarding School adalah, Tahfidz Quran pengembangan kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Arab, pendidikan budi pekerti, pembelajaran  kitab-kitab inti, serta bela diri Tapak Suci. sebagai komponen penuh penunjang keberhasilan seorang santri.

"Muhammadiyah Boarding School juga dilengkapi dengan asrama, Masjid yang besar, ruang belajar yang resentatif, perpustakan, kantor, dapur umum," paparnya (tri).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Unggulan Darul Arqam Muhammadiyah Boarding School 2 Tahun Hafal Quran 30 Juz

Trending Now

Iklan

iklan