Satu-satunya se-Lampung, Mesuji Dapat Hibah Kapal Pelra dari Kemenhub

Iklan

Satu-satunya se-Lampung, Mesuji Dapat Hibah Kapal Pelra dari Kemenhub

Redaksi
Jumat, April 20, 2018 | 07:57 WIB 0 Views Last Updated 2018-04-20T00:57:36Z

Suaralampung.com
Kabupaten Mesuji mendapatkan bantuan hibah satu unit kapal pelayaran rakyat (pelra) dari Kementerian Perhubungan. Penandatanganan serah terima hibah naskah perjanjian dan berita acara kapal pelayaran rakyat dilakukan Bupati Mesuji Khamami didampingi Kepala Dishubkominfo Widada Prawira di Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (19/04/2018) dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Mesuji menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang mendapat bantuan kapal pelayaran rakyat ini. Rencananya kapal ini akan dioperasikan untuk transportasi dengan rute Wiralaga – KTM – Sungai Sidang melintasi Sungai Mesuji. Selain itu, kapal ini juga dapat menunjang wisata air di Kabupaten Mesuji," ucap Khamami saat acara.

Adapun kapal yang akan dihibahkan untuk Mesuji adalah KM Banawa Nusantara 7 yang terbuat dari bahan dasar kayu dengan spesifikasi panjang 13,5 meter dan lebar empat meter, dengan kapasitas 24 tempat duduk dan muatan maksimal 15 ton. Tahun ini, pihaknya juga masih mengupayakan penambahan bantuan kapal lagi dari Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada kesempatan itu menyerahkan 24 unit kapal pelra kepada 24 kabupaten/kota. Budi mengatakan penyerahan kapal ini sebagai upaya pelayaran rakyat di daerah agar akses mudah dijangkau. Tujuan ini sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo membangun dari pinggiran dengan konektivitas.

Adapun dana yang digelontorkan Pemerintah untuk 24 kapal pelra tersebut adalah sekitar Rp 58 milyar yang berasal dari APBN Tahun Anggaran 2017. Sementara untuk tahun 2018, Kementerian Perhubungan mengalokasikan dana sebesar Rp 300 milyar untuk 100 kapal pelra.(heri)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satu-satunya se-Lampung, Mesuji Dapat Hibah Kapal Pelra dari Kemenhub

Trending Now

Iklan

iklan