84 jama,ah Melakukan Kegiatan Rukun haji dan Wajib haji

Iklan

84 jama,ah Melakukan Kegiatan Rukun haji dan Wajib haji

Redaksi
Senin, Agustus 27, 2018 | 12:02 WIB 0 Views Last Updated 2018-08-27T05:02:36Z

Suaralampung.Com
84 jamaah asal mesuji menyelesaikan kegiatan rukun haji dan wajib haji Rukun haji adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji, dan jika tidak dikerjakan hajinya tidak sah, sedangkan wajib haji Wajib Haji adalah rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji sebagai pelengkap Rukun Haji, jika salah satu dari wajib haji ini ditinggalkan, maka hajinya tetap sah, namun harus membayar dam (denda). 
Alhamdulillah tanggal 26 Agustus kemarin rukun dan wajib haji diselesaikan oleh jama.ah haji asal kab. Mesuji.

Meski berbagai rintangan harus dijalani, namun secara umum mampu diselesaikan, ucapan selamatpun mengalin dari berbagai jama,ah, termasuk dari jama,ah dari Rembang Ibu.hajah sunarti, yang mengucapkan selamat kepada rombongan jama,ah haji asal mesuji, di dalam lift hotel, demikian dari Ahmad zarnubi jama,ah asal Pakistan,yang mengucapkan" Congratulations on being a Hajj Mabrur. indonesia Is Good, ", disambut jama,ah haji mesuji dg thank thank than.

Demikian suasana kegembiraan jama,ah haji asal mesuji, setelah sukses menyelesaikan rukun dan wajib hajinya.
Di mulai.dari ihrom, kemudian wukuf,thowaf ifadoh, sai,tahallul, (rukun haji), dan niat ihrom, mabid di dimuzdalifah, lontar jumroh, mabid dimina, dan thowaf wada. Alhamdulillah selesai.

Semua jama,ah sehat walafiat semua, dan tampak riang dan gembira, dan diperkirakan thl 11 September akan ke Madinah Al Munawaroh.

Ada beberapa yang menarik selama haji ini menurut, Haji Hariyonto, jama,ah asal Desa Buko Poso Kecamatan Way Serdang, rasa tolong menolong dan saling membantu yang sangat tinggi, dalam semua hal, termasuk klo sakit saling menjenguk kasih obat, saling mengasih makanan, membantu mendorong kursi dorong, sering diskusi antar kelompok dan rombongan.

Dipimpim pak Soleman, sholat berjama,ah, bahkan sedekah kepada para tkw asal indonesia yang ada di arab saudi, sedekah kurma dijalan bagi jama,ah lain, yang smua itu dilakukan dengan ikhlas,termasuk berdoa bersama habis thowaf berdo.a untuk indonesia yg lebih baik, untuk mesuji, juga berdoa untuk pak bupati Mesuji, sampai sampai saya meneteskan air mata tutur pak haji Hariyanto, ya alloh mas, saya sangat terkesan dan heran saya sudah kayak keluarga sendiri, pada hal saya baru akrab ya ditanah suci ini.
Semoga jama,ah haji asal mesuji menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, amin. (Heri).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 84 jama,ah Melakukan Kegiatan Rukun haji dan Wajib haji

Trending Now

Iklan

iklan