Menteri Koperasi: Program Desa Terang Untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia

Iklan

Menteri Koperasi: Program Desa Terang Untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia

Redaksi
Sabtu, September 15, 2018 | 18:54 WIB 0 Views Last Updated 2018-09-15T11:55:01Z

Suaralampung.com, Bandarlampung-
Sebanyak 113 desa di daerah Lampung direncanakan akan teraliri listrik menggunakan tenaga surya melalui Solar Home System (SHS). Hal tersebut diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia,
Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, saat menggelar launching program desa terang di Desa Krawang Sari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Sabtu (15/9). 

Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan jika kegiatan Desa Terang ini mendapat dukungan penuh dari Presiden RI Joko Widodo. "Presiden RI Joko Widodo mendukung program desa terang dengan tujuan untuk mengimplementasikan Kesejahteraan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Program ini terlaksana atas kebutuhan, karena banyak desa yang masih belum mendapatkan pasokan listrik. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dipelopori Koperasi Jasa Gerakan Nelayan Tani (Kopja Ganti/KJG) mencanangkan program Desa Terang sebanyak 2.519 desa se-Indonesia. Selain itu, pihaknya juga telah terkoordinasi dengan kementerian BUMN untuk terus melaunching dititik lainnya. 

Ia menambahkan, untuk di daerah Lampung ada 113 desa yang belum terang. Oleh sebab itu, pihaknya berharap agar koperasi jasa tersebut berpartisipasi agar dapat mendukung program ini. Menurutnya, hal itu akan diwujudkan melalui SHS dan lampu penerangan jalan umum (LPJU) bertenaga surya yang diproduksi di dalam negeri dengan pemusatan dana dari CSR yang bersumber dari perusahaan BUMN dan swasta.

Terpisah, Ketua Kopja Ganti, Dadang Mishal Yofthie menjelaskan program desa terang merupakan wujud kepedulian sosial untuk masyarakat desa. Saat ini terdapat 81.626 desa di Indonesia dan 2.519 desa atau 293.532 rumah diantaranya masih gelap gulita. 

"Kami dari koperasi ingin bekerja secara gotong royong ingin turut andil dalam mewujudkan Indonesia terang guna menunjang ekonomi masyarakat. Untuk itu kami ingin masyarakat desa menjadi terang benderang," kata Dadang dalam peluncuran program desa terang dihadapan ribuan masyarakat Desa Krawang Sari. (nvd)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri Koperasi: Program Desa Terang Untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan