PT. Permodalan Nasional Madani Cabang Lampung Mengadakan Pelatihan Bertajuk Perizinan Usaha Bagi UMKM

Iklan

PT. Permodalan Nasional Madani Cabang Lampung Mengadakan Pelatihan Bertajuk Perizinan Usaha Bagi UMKM

Redaksi
Selasa, September 18, 2018 | 18:56 WIB 0 Views Last Updated 2018-09-18T11:57:16Z

Suaralampung.com-Metro-Dalam rangka peningkatan pengetahuan nasabah tentang Perizinan Usaha, PT. Permodalan Nasional Madani Cabang Lampung mengadakan Pelatihan bertajuk "Perizinan Usaha Bagi UMKM" bertempat di Aula Pemda Kota Metro, pada Selasa (18/9). Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para UMKM tentang izin-izin yang di perlukan untuk usaha.

Pelatihan ini dihadiri oleh 102 Peserta yang merupakan Nasabah  pemilik usaha (home industry), jasa, dan perdagangan atau calon Nasabah yang dipilih dari unit ULaMM yang berkedudukan di wilayah UlaMM Metro Cabang Lampung.

Persaingan usaha bagi pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia khususnya di Lampung cukup pesat dan tidak dapat dihindari dari perjalanan bisnis UMKM.

Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi dalam dimensi pembangunan nasional yang berlandaskan sistem ekonomi kerakyatan, tidak hanya ditujukan untuk mengurangi masalah kesenjangan antar golongan dan antar pelaku usaha ataupun penyerapan tenaga kerja. Lebih dari itu pengembangan UMKM juga harus mampu memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat perubahan struktural, yaitu dengan meningkatnya perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional.

Dengan di adakannya Program Pelatihan tentang perizinan usaha tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Nasabah Cabang Lampung tentang izin-izin yang di perlukan untuk usaha. Banyaknya pelaku usaha yang belum memahami tentang perizinan usaha, sehingga kami berinisiatif untuk melakukan pelatihan pengembangan kapasitas usaha kali ini dengan tema Perizinan Usaha Bagi UMKM.

Tujuan dilakukannya pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan bagi nasabah  Lampung tentang izin-izin yang diperlukan untuk usaha. Serta terbentuknya UMKM yang profesional dan patuh terhadap ketentuan pemerintah terkait perizinan usaha.

Dengan sosialisasi yang di dapat dari pelatihan ini diharapkan nasabah mampu memahami izin-izin dalam membuka usaha khususnya di wilayah Metro Cabang Lampung, selain itu pelatihan ini dapat di jadikan ajang Silaturahmi dan Menjalin komunikasi serta hubungan baik antara nasabah dengan karyawan ULaMM dan sesama nasabah yang hadir.
Pada pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Kepala Dinas UMKM Kota Metro.

Acara ini dihadiri Oleh Ibu Drs. Agustini Staf Ahli Walikota Metro dan turut hadir pula EVP Bisnis UlaMM PNM Bapak Kindaris, serta kepala cabang PNM cabang Lampung Bapak Deden Yoga Nugraha. Pada pelatihan kali ini PNM Lampung bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kota Metro Dinas Koprasi dan UMKM Kota Metro. Melalui fasilitasi dan Pelatihan Perizinan usaha Bagi pelaku UMKM merupakan salah satu realisasi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diperuntukan bagi UMKM. PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.
Saat ini PNM memiliki 2449 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.754 kantor cabang Mekaar.(*)







Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PT. Permodalan Nasional Madani Cabang Lampung Mengadakan Pelatihan Bertajuk Perizinan Usaha Bagi UMKM

Trending Now

Iklan

iklan