Kalangan Akademisi Dukung Jendral Ike Edwin Jadi Ketua KPK

Iklan

Kalangan Akademisi Dukung Jendral Ike Edwin Jadi Ketua KPK

Redaksi
Jumat, Juni 28, 2019 | 10:57 WIB 0 Views Last Updated 2019-06-28T03:57:18Z


Suaralampung.com-Bandar Lampung-Langkah Perdana Menteri Kesultanan Adat Lampung Skala Bekhak Dang Gusti Ike Edwin maju sebagai calon ketua KPK mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari kalangan akademisi. 

Seperti yang diungkapkan Prof. Dr. Sunarto SH, MH. Dosen Pascasarjana Program 2 Magister hukum dan Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Lampung. Menurut Prof. Sunarto, Jendral Dang Ike sangat layak menjadi ketua KPK, mengingat sepak terjang beliau dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Dang Ike, kata dia, memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam penanggulangan tindak pidana korupsi salah satunya di Provinsi Lampung sebagai inisiator dan mengundang Forkopinda, provinsi, kabupaten, akademisi untuk menyamakan langkah dan tindakan dalam menangulangi tindak pidana korupsi.

"Kemampuan akademik dengan Gelar Doktor dan Bintang 2 di kepolisian konsekuensinya reputasi typr beliau akan dipertahankan," ungkap Prof. Sunarto yang pernah menjabat wakil rektor III universitas Lampung ini.

Ia menambahkan, Dang Ike adalah salah satu putra terbaik Lampung yang pantas menduduki salah satu ketua Komisioner Pemberantasan korupsi.

Saat menjabat sebagai kapolda Lampung,  beliau sangat aktif dan kreatif dalam mengemban tugas institusi Kepolisian Daerah Lampung, antara lain Perbaikan dan meningkatkan SDM berkaitan dengan kinerja aparat sesuai dengan tupoksi secara proporsional dan profesional berlandaskan the rule of law dan the rule of the game. Bentuk lain meningkatkan infrastruktur penunjang kinerja lembaga kepolisian menjadi perhatian beliau.

Beliau juga sebagai pendorong dan pelopor Kepolisian  Daerah Lampung dengan berbagai upaya pendekatan pada pemerintah pusat dan daerah, tokoh adat adat, tokoh masyarakat, pemuka agama dan akademisi  sehingga Polda Type B menjadi Type A.

"Sang jendral juga terbukti mampu membangun sinergi yang sangat baik dengan Fokompinda dalam menjaga Kamtibmas dan penegakan hukum. Beliau juga sangat serius dalam menanggulangi tindak pidana korupsi, beliau sebagai inisiator penanggulangan korupsi secara terpadu antar penegak hukum kejaksaan dan pemerintah daerah baik Provinsi dan kabupaten," paparnya

Prestasi Dang Ike juga bisa dilihat dari keseriusannya dalam menanggulangi Narkoba dan paham radikalisme, beliau membantuk satgas tingkat provinsi sampai kabupaten. Lalu memberdayakan tenaga ahli yang melibatkan akademisi, tokoh agama dan masyarakat, wartawan,  dan tokoh adat.

Melaksananakan penegakan hukum selain dengan tindakan represif terhadap tindak pidana yang berdampak serius, juga melalui pendekatan non hukum yang humanis, dan mengutamakan pencegahan daripada penindakan.

Prof. Sunarto berharap, jika terpilih  sebagai ketua KPK, masalah korupsi adalah musuh bangsa, dan kejahatan extra ordinary crime, penangannya harus lebih serius, tanpa pandang buku, dan hindari tekanan-tekanan dari pihak manapun, kejujuran, ketegasan, keihlasan, dan bekerja secara profesional.(Nurullah).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kalangan Akademisi Dukung Jendral Ike Edwin Jadi Ketua KPK

Trending Now

Iklan

iklan