Polres Tanggamus Bersama Pemkab dan Stakehokder Gelar Apel Siaga Bencana, Ini Tujuannya ?

Iklan

Polres Tanggamus Bersama Pemkab dan Stakehokder Gelar Apel Siaga Bencana, Ini Tujuannya ?

Redaksi
Selasa, Januari 14, 2020 | 05:39 WIB 0 Views Last Updated 2020-01-13T22:40:07Z

Suara lampung ,com,
TANGGAMUS - Guna mengupdate kembali sejauh mana kesiapan personel gabungan dalam penanganan bencana, Polres Tanggamus menggelar apel gelar pasukan siaga bencana, di lapangan Apel Pemda Tanggamus, Senin (13/01/2020) pagi.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE, MM, Perwira Apel Kasat Lantas AKP Yuniarta, SH dan Komandan Apel Pama Polres Tanggamus Ipda Sukarjo.

Apel siaga bencana dihadiri Wakil Bupati Hi. AM. Safii, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM, Dandim 0424/TGM Letkol Inf. Arman Aris Sallo, Sekda Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis dan kepala OPD jajaran Pemkab Tanggamus.

Selanjutnya, jajaran Pejabat Utama (PJU) Polres Tanggamus dan pesertanya adalah pleton regu TNI, Sat Pol Air, Polres Tanggamus dan gabungan Polsek jajaran, Pol PP, Basarnas, RAPI, Tenaga Kesehatan dan gabungan Pegawai Pemkab.

Bupati Hj. Dewi Handajani dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi dan penghargaan yang tulus atas dedikasi Polres Tanggamus, TNI, jajaran Pemkab Tanggamus serta komunitas relawan Se-Kabupaten Tanggamus juga berbagai instansi terkait selama ini. 

"Sebab peran serta dalam merespon dan menghadapi berbagai bencana di wilayah Tanggamus telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Peran para relawan juga dirasakan telah banyak membantu upaya pemerintah dalam menghadapi bencana yang menimpa Kabupaten Tanggamus," ucap Bupati.

Lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan penjabaran dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri H. Muhammad Tito Karnavian, agar kita selalu siap dan waspada pada perubahan cuaca, iklim serta keselamatan warga yang menjadi prioritas.

"Kedepan diharapkan pelaksanaan siaga bencana diharapkan lebih di tingkatan lagi," ujarnya.

Menururnya, untuk Kabupaten Tanggamus sendiri terdapat 3 Kecamatan yang rawan terjadinya bencana alam banjir dan yaitu Semaka, Wonosobo dan Pematang Sawa.

"Diperlukan kesadaran masyarakat menumbuhkan meningkatkan kualitas lingkungan, terlebih pada masyarakat yang bermukim di daerah-daerah yang rawan banjir dan tanah longsor melalui sosialisasi maupun himbauan dalam penjagaan kelestarian lingkungan dan kesiapsiagaan masyarakat," tegasnya.

Ditempat yang sama Kapolres AKBP Hesmu Baroto, mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan baik itu personel maupun peralatan yang nantinya akan digunakan apabila terjadinya bencana alam kembali.

"Sehingga sinergitas antar instansi terlihat sangat jelas dan memudahkan koordinasi dalam hal penanganan apabila terjadinya bencana alam banjir kembali," ungkapnya.

Ditambahkan Kapolres, dalam apel siaga bencana tersebut, Polres Tanggamus menerjunkan puluhan personel gabungan Polres dan Polsek.

"Untuk apel ini sendiri disprinkan personel gabungan sebanyak 83 personel," pungkasnya. 

Pada kesempatan ini juga digelar peralatan untuk penanganan pertama terhadap korban bencana, sehingga dapat memberikan bantuan dengan cepat dan tepat sasaran sebelum tim medis tiba dilokasi dan nyawa korban dapat terselamatkan. 

Wartawan ;saripudin/kurdianto/apriadi.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Tanggamus Bersama Pemkab dan Stakehokder Gelar Apel Siaga Bencana, Ini Tujuannya ?

Trending Now

Iklan

iklan