Sepakat, Pencurian Tangki Semprot di Pulau Panggung Diselesaikan Melalui Rembuk Pekon

Sepakat, Pencurian Tangki Semprot di Pulau Panggung Diselesaikan Melalui Rembuk Pekon

Suaralampung,Com
TANGGAMUS - Tidak terimanya Heriyanto (50) terhadap Bejo Mustar (43) karena Bejo telah mencuri 1 tangki semprot miliknya, saat ini kedua pihak telah menempuh kesepakatan berdamai, secara kekeluargaan.

Hal itu dikatakan Kapolsek Pulau Panggung Polres Tanggamus Iptu Ramon Zamora, SH., Minggu (2/2/20) di Mapolsek setempat.

Menurut Iptu Ramon, penyelesaian secara kekeluargaan itu dilaksanakan oleh kedua pihak yakni korban Heriyanto warga Pekon Air Kubang, Pulau Panggung dan pelaku Bejo Mustar (43) warga Kecamatan Sumberejo.

Dimana, dalam rembuk pekon tersebut, kepolisian menjadi penengah dengan diksaksikan oleh keluarga dan aparat Pekon dari kedua belah pihak.

"Kedua belah pihak sepakat menyelesaikan secara kekeluargaan. Maka kemarin Sabtu (1/2/20) kami fasilitasi mereka dalam rembuk pekon," kata Iptu Ramon Zamora.

Lanjutnyanya, kejadian pencurian tangki semprot oleh pelaku pada Selasa (28/1/20) di kebun korban di Pekon Batu Tegi. Dan saat itu pelaku tertangkap tangan. "Adapun kerugian korban senilai Rp. 100 ribu," ujarnya.

Iptu Ramon menjelaskan, Dalam kesepakatan itu, terdapat beberapa point diantaranya, pertama; antara pihak ke-1 dan pihak ke-2 sudah tidak ada permasalahan lagi dan telah berdamai secara kekeluargaan. 

Kedua; Pihak ke-2 meminta maaf kepada pihak ke-1 dan pihak ke-1 telah memaafkan pihak ke-2, atas terjadinya selisih paham tersebut. Ketiga; Pihak ke-2 berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya tersebut. 

"Terkahir apabila kedua belah pihak mengingkari isi surat perdamaian ini maka kedua belah pihak siap dituntut sesuai hukum yang berlaku," jelasnya.

Kesempatan itu, Kapolsek juga mengapresiasi atas kesepakatan melalui rembuk pekon, sebab hasil rembuk pekon dapat menjalin kekeluargaan seperti biasa.

"Rembuk pekon ini juga dilaksanakan dalam menjaga keamanan dari norma sosial yang ada di masyarakat. Semoga sisi ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat Tanggamus pada umumnya," pungkasnya. (Saripudin/kurdianto/apriadi/AZ)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepakat, Pencurian Tangki Semprot di Pulau Panggung Diselesaikan Melalui Rembuk Pekon"

Posting Komentar