DPRD Kota Metro Hearing Penanganan Virus Covid – 19 Di Pimpin Langsung oleh Ketua Tondi M.G Nasution.

Iklan

DPRD Kota Metro Hearing Penanganan Virus Covid – 19 Di Pimpin Langsung oleh Ketua Tondi M.G Nasution.

Senin, April 06, 2020 | 22:34 WIB 0 Views Last Updated 2020-05-11T15:34:42Z
foto istimewa : Ketua DPRD kota Metro Tondi M.G. Nasution

   
 KOTA METRO --- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Metro mengadakan Hearing dipimpin langsung oleh Ketua DPRD kota Metro Tondi M.G. Nasution di dampingi Ketua Komisi II H. Fahmi Anwar, SE dan anggota Komisi II, juga di ikuti oleh Kepala Dinas BAPPEDA Ir. Bangkit Haryo Utomo , Kepala dinas Kesehatan Erla Andrianti dan anggotanya. Namun, hearing atau dengar pendapat tidak dihadiri oleh Sekda kota Metro A. Nasir. Senin (6/4/2020).

Agenda hearing untuk berkoordinasi masalah kesiapan Pemkot Metro dan langkahnya dalam upaya pencegahan virus corona (covid-19 ) di kota Metro Lampung.

“Kegiatan hearing untuk menyikapi perkembangan yang ada, kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemda kota Metro beserta Kapolres dan Kodim 0411/LT beserta jajarannya yang telah melakukan kegiatan penanganan Virus Covid-19 di 14 hari pertama dan tadi telah disampaikan ada 2 hal penting, pertama adalah langkah apa saja yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan serta pengawasan sampai masa 14 hari kedepan, dan yang tidak kalah penting adalah penganggaran yang akan digunakan berasal dari Refocusing (penataan) anggaran dari beberapa sumber salah satunya dari dana DAK dll yang akan dianggarkan sampai bulan mei sesuai masa tanggap darurat pemerintah pusat”.ucap ketua.

“Kita harus siap, selain menyiapkan anggarannya, dengan memberikan insentif bagi petugas dilapangan dan kemudian kita juga harus menyiapkan infrastrukturnya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah masyarakat harus mengikuti anjuran pemerintah agar kita terhindar dari wabah corona”. pungkas Tondi Nasution saat ditemui di ruang komisi 2 DPRD kota Metro.

Dalam kesempatan itu, Kepala BAPPEDA kota Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo menyampaikan perkembangan penanganan virus corona di kota Metro. Dia mengatakan bahwa saat ini Pemkot Metro menyiapkan Tim Gugus Tugas yang bergerak di 22 kelurahan sekota metro. Dari 22 gugus tugas tersebut memberikan sosialisasi terkait cara hidup sehat, gizi seimbang, dan serta himbauan untuk mengisolasi diri agar tidak keluar rumah, selama 14 hari pertama Dan sampai masa tanggap 14 hari berikutnya adalah membuat Pos pos pemantauan di 4/6 titik akses pintu masuk kedatangan ke kota metro.

“Nanti akan disediakan bilik disinfektan yang akan melakukan penyemprotkan cairan disinfektan ke mobil serta penumpangnya yang masuk ke Metro, nanti biliknya disiapkan oleh dinas kesehatan kota Metro. Dan untuk anggaran sedang dibahas terutama dinas kesehatan, bagaimana penyiapan APD, alat medis pakai habis, bahan medis yang diperlukan dan jasa medis para pejuang medis dirumah sakit”, ujarnya.

“Untuk besaran anggaran yang dianggarkan dinas kesehatan sekitar 27,23M, anggaran ini merupakan persiapan anggaran selama 14 hari kedepan tetapi anggaran ini belum fix dan masih perlu penataan apabila terjadi perpanjangan masa tanggap darurat sampai bulan mei. Sumber anggarannya adalah dari penataan realokasi DAK (Dana Alokasi Khusus) , dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan), dana ID (Insentive Daerah). Dan untuk 2 orang yang telah dirawat karena ODP kemaren anggaran menjadi tanggung jawab dinas kesehatan daerah asal pasien tersebut yaitu lampung timur” pungkasnya.

Kemudian Anggota Komisi 2, Ancilla Hernani mengapresiasi semua fihak yang sudah bekerja keras dalam kegiatan tanggap darurat penanggulangan wabah virus covid-19, dan sebagai masukkan agar semua fihak melakukkan percepatan untuk semua keputusan yang sudah diambil bersama.

“Dinas kesehatan harus segera menenuhi kebutuhan team medis dan rumah sakit, APD dan semua peralatan yg dibutuhkan dalam penanganan covid_19 harus tersedia. Dinas sosial mulai bergerak memberikan bantuan kebutuhan bagi keluarga keluarga yg terkena imbas karena tidak dapat bekerja dan yang kehilangan mata pencaharian. Pemerintah harus segera hadir ditengah masyarakat untuk memberi bantuan dalam bentuk sembako atau uang tunai. Bagi manula dan saudara saudara kita yang disabilitas ini juga hrs segera diberikan bantuan, jangan lagi menunggu mereka kekurangan gizi dan akhirnya mudah terserang penyakit. Dinas pendidikan harus melakukan monitoring sistem pembelajaran online apakah sudah sesuai atau belum, memonitoring kegiatan belajar dirumah harus juga memperhatikan apakah anak anak diberikan materi atau tugas yg sudah sesuai. Memperhatikan juga sisi beban yg tidak boleh terlalu berlebih dalam pemberian materi sehingga anak anak menjadi stress dan mengakibatkan gangguan pada psikis anak”, ujarnya (Rilis/ Humas DPRD Kota Metro/Babe one)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DPRD Kota Metro Hearing Penanganan Virus Covid – 19 Di Pimpin Langsung oleh Ketua Tondi M.G Nasution.

Trending Now

Iklan

iklan