Imbas Wabah Corona, Awal Ramadhan Pemkab Way Kanan Beri Bantuan ke Warga

Iklan

Imbas Wabah Corona, Awal Ramadhan Pemkab Way Kanan Beri Bantuan ke Warga

Selasa, April 14, 2020 | 22:55 WIB 0 Views Last Updated 2020-05-12T15:55:29Z
Imbas Wabah Corona, Awal Ramadhan Pemkab Way Kanan Beri Bantuan ke Warga

WAY KANAN – Menyikapi persoalan banyaknya warga rantauan yang memilih pulang akibat pandemi global covid-19, berimbas pada berbagai sektor.

Seperti meningkatnya angka pengangguran yang mengakibatkan bertambahnya lemahnya ekonomi warga.

Menurut data dari Pemkab Way Kanan pada tanggal 13 Maret lalu, setidaknya sudah ada 6.611 warga dari rantauan baik itu dari luar daerah maupun luar negeri yang masuk pulang ke Kabupaten Way Kanan.

Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya mengatakan, Menyikapi banyaknya warga yang datang dari luar daerah tersebut, Pemkab Way kanan menyiapkan beberapa langkah yang akan ditempuh.

“Melalui Camat, kepala kampung sudah saya tugaskan untuk mendata masyarakat yang layak menerima bantuan, yang menjadi sasaran bantuan tersebut adalah warga yang tidak menerima bantuan PKH dan BPNT,” kata Adipati saat di wawancara Awak Media, kemarin Selasa (14/04/2020).

Menurutnya, imbas dari covid-19 ini berdampak pada ekonomi kesejahteraan masyarakat.

” Seperti contohnya ada warga yang pulang dari rantauan, otomatis jadi pengangguran, namun mereka tidak mungkin berhenti makan dong, itu yang harus kita antisipasi,” ujarnya

Adipati memaparkan, Sampai dengan saat ini Pemkab Way Kanan sudah menganggarkan Rp 40 miliar lebih untuk menangani Covid-19.

“Walaupun kita tidak tahu berapa dana keseluruhan yang dibutuhkan untuk penanganan covid-19 ini, penanganan itu kita bicara secara keseluruhan, jadi jangan dikira dana tersebut hanya untuk beli APD, kemudian keliling keliling, pasang baner, jadi bukan hanya itu, tapi juga sampai ke dampak sosial, dampak ekonominya itu harus di fikirkan,” papar Adipati.

Adipati juga menegaskan bahwa, Pendataan yang dilakukan untuk warga yang layak menerima di perkirakan akan selesai dalam pekan ini.

“Minggu ini harus sudah clear, saya berharap dan kita akan berupaya awal bulan puasa kita sudah realisasikan bantuannya dan akan berjalan selama enam bulan kedepan, namun ini belum kita konkretkan karena kita belum tahu data dari masing masing Kampung,” tegasnya. (Rilis/ Humas pemkab way kanan/ Migo/HEADLINELAMPUNG)

Wartawan : Tayib
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Imbas Wabah Corona, Awal Ramadhan Pemkab Way Kanan Beri Bantuan ke Warga

Trending Now

Iklan

iklan