Anang R. Kadis Kesehatan Dan Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan Merilis Info Terbaru Covid 19

Iklan

Anang R. Kadis Kesehatan Dan Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan Merilis Info Terbaru Covid 19

Redaksi
Rabu, Mei 06, 2020 | 16:03 WIB 0 Views Last Updated 2020-05-06T09:03:31Z

WAY KANAN --- Anang R. Kadis Kesehatan dan Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan merilis info terakhir perkembangan dan informasi terkait virus Corona atau covid 19 di Way Kanan pada Rabu (6/5/2020).

Informasi adanya 1 warga yg terkonfirmasi positif sebagaimana yg di rilis pemerintah Provinsi Lampung pada tanggal 6 Mei 2020 adalah benar, dengan kronologis  sebagai berikut : Tn. AS, Usia 36 thn Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan

- Tanggal 21-03-2020, hari sabtu Tn. AS datang dari Gowa Sulawesi setelah mengikuti acara tabligh akbar jamaah tabligh. Tn.Agus bersama Tn.Hengki melapor ke Puskesmas Baradatu dengan hasil pemeriksaan sehat (tidak ada keluhan) dan dianjurkan untuk karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

- Tanggal 25/03/2020, hari Rabu Tn. AS kembali datang ke Puskesmas karena mengeluh batuk, pilek, kemudian dirujuk ke RSUD Zapa. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan Tn. AS diperbolehkan pulang dan dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah.

- Tanggal 07/04/2020Tn.AS melakukan kontrol ulang ke RSUD Zapa dan dinyatakan sehat (tidak ada keluhan lagi). 

- Tanggal 14/04/2020, hari selasa Tn. AS dilakukan rapid test yang pertama oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten  Way Kanan dengan hasil non reaktif. Setelah dilakukan Rapid Test pertama dan akan dilanjutkan dengan Rapid Test kedua 7 hari berikutnya Tn. AS dianjurkan kembali melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari ke depan. 

- Tanggal 20/04/2020Tn. AS dilakukan rapid test yang ke 2 di Puskesmas Baradatu oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan dengan hasil non reaktif.

- Tanggal 27/04/2020Pada hari senin sore dilakukan rapid test kembali bersama dengan orang-orang yg kontak erat dengan Tn. PS terkonfirmasi positif covid 19, dengan hasil reaktif.

- Tanggal 28/04/2020 Pada hari selasa pagi dilakukan pengambilan PCR Swab/sputum pertama di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA) dan sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sampel.

- Tanggal 29/04/2020 Pada hari rabu pagi dilakukan pengambilan PCR Swab/sputum kedua di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA) dan sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sampel. Sambil menunggu hasil pemeriksaan PCR Swab/sputum Tn. AS dianjurkan tetap isolasi mandiri di rumah dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.

- Tanggal 06 Mei 2020 Pada hari Rabu mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung pemeriksaan sampel Swab/Sputum Tn. AS dengan hasil konfirmasi positif covid 19. 

- Tatalaksana selanjutnya adalah karantina mandiri dengan menerapkan PHBS dan physical distancing; Pada kelompok ini juga akan dikonfirmasi dengan pemeriksaan RT PCR sebanyak 2 kali selama 2 hari berturut-turut, di Laboratorium pemeriksa. Apabila OTG yang terkonfirmasi positif menunjukkan gejala demam (≥38oC) atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan selama masa karantina maka.

a. Jika gejala ringan, dapat dilakukan isolasi diri di rumah
b. Jika gejala sedang, dilakukan isolasi di RS darurat
c. Jika gejala berat, dilakukan isolasi di RS rujukan.

- Selanjutnya akan terus dilakukan pemantauan kesehatannya termasuk kebutuhan harian makan minum nya akan gugus tugas urus sehingga yang bersangkutan benar-benar bisa terkontrol kondisi kesehatannya.

- Kita semua berdoa semoga semuanya akan sehat-sehat saja, terimakasih. (Anang R. Kadis Kesehatan/Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anang R. Kadis Kesehatan Dan Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan Merilis Info Terbaru Covid 19

Trending Now

Iklan

iklan