681 PPS Dilantik Di Lima Lokasi Dikabupaten Way Kanan

Iklan

681 PPS Dilantik Di Lima Lokasi Dikabupaten Way Kanan

Redaksi
Senin, Juni 15, 2020 | 20:01 WIB 0 Views Last Updated 2020-06-15T13:04:06Z


WAY KANAN -  Sebanyak 681 PPS (Panitia Pemungutan Suara)dilantik di 5 lokasi di Kabupaten Way Kanan, Pelantikan ini dilaksanakan pada hari Senin, (15 Juni 2020).

Pelantikan PPS ini tertunda dikarenakan anjuran untuk meminimalisir penyebaran mata rantai Covid-19 sesuai Keputusan KPU No.179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020
Ujar Refki Dharmawan. 

Tahapan pilkada serentak yang terhenti dan melihat perkembangan situasi pandemi ini, Pemerintah sudah mengambil keputusan untuk menerapkan new normal. Paska rapat antara KPU, Bawaslu, Mendagri dan DKPP. Maka KPU menerbitkan PKPU No.5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 kembali dilanjutkan. Dipaparkan oleh Refki

Pelantikan PPS Kecamatan Blambangan Umpu dan Negeri Agung dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Way Kanan. Dalam amanah nya, Refki selaku Ketua KPU Way Kanan mengarahkan bahwa PPS dapat memposisikan diri sebagai pelaksana tekhnis bukan pengambil keputusan dalam penyelenggaraan pilkada baik itu sosialisasi, pendataan mata pilih, dan persiapan rekrutmen PPDP, Coklit, Rekapitulasi dll maka PPS harus bersinergi dengan PPK dan berjenjang ke KPU Kabupaten Way Kanan.

Pelantikan PPS ini dalam pelaksanaannya memperhatikan untuk penggunaan masker, jarak atau physical distancing dan mencuci tangan dengan sabun. Petugas kesehatan dari Dinkes Way Kanan pun terlibat, dan dihadiri oleh pihak Bawaslu, Kapolsek Blambangan Umpu, Danramil, Jurnalis dan staf Sekretariat KPU.

Prosesi pelantikan disebar dalam 5 lokasi berbeda dengan membagi secara bergelombang untuk mencegah penyebaran Covid-19, yaitu untuk kecamatan Blambangan Umpu dan Negeri Agung di laksanakan di Aula KPU Way Kanan dipimpin oleh Ketua KPU Refki Dharmawan dibagi 3 gelombang. Untuk Dapil 2 Kecamatan Way Tuba, Bahuga, Bumi Agung dan Buay Bahuga dilaksanakan di aula STIT Al Hikmah Bumi Agung dipimpin Anggota KPU Doan Endedi dibagi 3 gelombang. Untuk Dapil 3 kecamatan Pakuan Ratu, Negara Batin dan Negeri Besar dilaksanakan di Aula Kecamatan Negeri Besar dipimpin Anggota KPU Noprisyah Harianto terbagi 3 gelombang. Untuk Dapil 4 kecamatan Baradatu dan Gunung Labuhan di Aula Kecamatan Baradatu dipimpin Anggota KPU Tri Sudarto dibagi dalam 3 gelombang dan terakhir Dapil 5 kecamatan Banjit, Kasui dan Rebang Tangkas di Aula Kecamatan Banjit dipimpin Anggota KPU I Gede Klipz Darmaja terbagi dalam 3 gelombang. 

Sebelum dilantik, PPS wajib menjalankan protocol pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, dicek suhu tubuh, mencuci tangan sebelum memasuki gedung, membawa alat tulis sendiri, serta menjaga jarak saat pelantikan. KPU berkordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi petugas medis dan sarana thermo gun di lokasi pelantikan.

Wartawan : Tayib 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 681 PPS Dilantik Di Lima Lokasi Dikabupaten Way Kanan

Trending Now

Iklan

iklan