PERESMIAN POJOK UMKM PEKON DATARAJAN DAN DESA WISATA PEKON SUKAMAJU SERTA PENARIKAN KKN 102 MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

PERESMIAN POJOK UMKM PEKON DATARAJAN DAN DESA WISATA PEKON SUKAMAJU SERTA PENARIKAN KKN 102 MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ulu Belu- KKN 102 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kelompok 18 Pekon datarajan dan kelompok 19 Pekon Sukamaju meresmikan toko Pojok UMKM yang berlokasikan di pasar Pekon Datarajan dan desa wisata yang berlokasikan di Pekon Sukamaju Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus.Minggu (23/08/2020)

Kopi Ulu Belu merupakan salah satu yang mempunyai potensi terhadap ekonomi kratif, Yakni terkenal dengan kualitas kopinya. Ulu Belu adalah kecamatan penghasil kopi terbaik di Lampung. 

Pemda Tanggamus dan para pelaku UMKM terus berupaya untuk mengembangkan UMKM yang ada di Ulu Belu ini. Pekon datarajan salah satunya, Pekon ini sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani kopi. Hanya saja Pekon datarajan belum memilik toko koperasi untuk memasarkan produk-produk tersebut. Bukan hanya kopi saja yang di pasarkan di Toko tersebut melainkan ada eyek-eyek, kripik tempe, kripik singkong, kelanting, gula aren, gula semut dan . Selain kebun kopi, Ulu belu juga mempunyai potensi wisata yang bagus. Yakni air terjun lembah pelangi yang berlokasikan di Pekon Sukamaju.

Untuk mempermudah dalam pemasaran produk-produk yang ada di koperasi Pekon Datarajan maka pada tanggal 16 Agustus dibentuklah Struktur kepengurusan yang dilaksanakan di kantor Pekon Datarajan dan disaksikan oleh Kepala Pekon datarajan, Ketua BHP Pekon datarajan dan seluruh pelaku UMKM Pekon Datarajan.

Bertepatan pada tanggal 21 Agustus 2020 dilakukan acara peresmian toko "Pojok UMKM" Pekon Datarajan dan Desa Wisata Pekon Sukamaju yang berlokasikan di pasar Pekon Datarajan, Kecamatan Ulu Belu 

Dalam kegiatan ini di hadiri .Camat Ulu Belu Bapak Suwarno, S.Ag. Kepala Pekon Datarajan dan Kepala Pekon Sukamaju, Seluruh pengurus Pojok UMKM dan KKN 102 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Kelompok 18 dan kelompok 19

Selain meresmikan pojok UMKM dan desa wisata, KKN 102 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga juga mengadakan acara penarikan kelompok KKN 102 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara simbolis oleh Dosen Pembimbing lapangan Bapak Very Julianto, M.Psi. bahwa telah usainya pengamdian mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Pekon datarajan dan Pekon Sukamaju.

Tak lupa juga kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan membawa handsinitizer guna menjaga kesehatan dan keselamatan semua pihak yang dilibatkan dalam acara ini.(Saripudin/Kurdianto/Apriadi/Az)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERESMIAN POJOK UMKM PEKON DATARAJAN DAN DESA WISATA PEKON SUKAMAJU SERTA PENARIKAN KKN 102 MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"

Posting Komentar