Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus Hamid H.Lubis, Melakukan Rapat terbatas lintas Sektor Agama dan Adat

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus Hamid H.Lubis, Melakukan Rapat terbatas lintas Sektor Agama dan Adat

TALANGPADANG--Guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Pemkab Tanggamus meminta keterlibatan tokoh masyarakat, agama pemuda dan lainnya untuk terus menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus Hamid H.Lubis, usai melakukan rapat terbatas lintas sektor di aula Kecamatan Talangpadang, Rabu 30 September 2020.

 Menurutnya sosialisasi tentang protokol kesehatan, yakni menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker serta menghindari kerumunan adalah langkah nyata dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Maka daripada itu ia berharap sosialisasi tersebut disampaikan hingga kelapisan terbawah melibatkan semua pihak.

"Karena sosialisasi protokol kesehatan ini harus disampaikan kepada masyarakat hingga ketingkatan bawah, maka dalam hal ini saya selaku sekretaris satgas percepatan penanganan virus covid-19, mengajak semua pihak baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat dan lain sebagainya untuk menyampaikan sosialisasi ini kepada masyarakat, sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah, baik itu kabupaten maupun kecamatan,"kata Hamid H. Lubis.

Diterangkannya, bahwa dengan dilibatkannya langsung tokoh masyarakat, adat dan lainnya maka pemahaman tentang protokol kesehatan akan lebih cepat dilakukan oleh masyarakat, baik itu melalui forum pertemuan adat, melalui sholat Jumat dan lain sebagainya. Kegiatan ini lanjutnya secara prioritas akan dilaksanakan di kecamatan yang warganya positif covid-19. Akan tetapi secara pelaksanaan program akan dilakukan di semua kecamatan.

"Salah satunya, ialah kita akan mengirimkan surat edaran kepada kecamatan agar meneruskan kepada kepala pekon dan kelurahan lalu kepada tokoh masyarakat dan agama, tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan ini, sehingga secara menyerahkan sosialisasi ini dapat dilaksanakan dan sekali lagi ini merupakan upaya dari Pemkab Tanggamus serta tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,"ujarnya.

Sementara itu, itu tokoh NU kecamatan Talang Padang Mustajab mengatakan, tentu apa yang menjadi himbauan dari pemerintah harus dipatuhi, terlebih himbauan tersebut lanjutnya demi kebaikan bagi masyarakat, pihaknya dalam hal ini melalui berbagai kesempatan akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan, baik itu menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan.

"Kita juga berharap untuk memperkuat sosialisasi ini agar supaya, Pemda dalam hal ini menyampaikan surat secara langsung kepada tokoh tokoh masyarakat, sehingga diyakini bahwa sosialisasi ini merupakan himbauan langsung dari pemerintah, dan kita siap mendukung,"tandasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sukisno, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Camat Talang Padang Agustam Hamied, serta KUPT Puskesmas Talangpadang, dr. Eka Priyanto, serta tokoh agama, adat dan pemuda di Kecamatan setempat.(Saripudin/Kurdianto/Apriadi/Az)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus Hamid H.Lubis, Melakukan Rapat terbatas lintas Sektor Agama dan Adat"

Posting Komentar